[Khusus Wanita] Rahasia "Jalan Pintas" untuk Mudah Mendapatkan Jodoh dan Memikat Pria Idaman

Selengkapnya >> Klik DISINI

12 Manfaat Buah Rambutan Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Saya yakin belum banyak dari anda yang mengetahui apa saja manfaat buah rambutan. Buah unik berukuran kecil yang diketahui berasal dari Indonesia ini sekarang sudah menyebar ke berbagai belahan dunia. Buah rambutan memiki daging buah yang manis, segar, dan sedikit rasa asam. Bijinya yang terletak di tengah-tengah buah diketahui memiliki kandungan minyak yang digunakan dalam beberapa industri, serta dapat juga untuk dikonsumsi. Rambutan terdiri dari 2 varietas warna, yaitu kuning dan merah (yang paling umum), serta diketahui memiliki banyak khasiat. Setidaknya terdapat 12 manfaat buah rambutan bagi tubuh yang dapat dijabarkan dalam artikel kali ini. Dan ini tidak hanya terbatas untuk manfaat buahnya saja, namun kulit buah, kulit batang, dan daunnya juga.

berbagai manfaat buah rambutan bagi kesehatan dan kecantikan

Manfaat Buah Rambutan Untuk Kecantikan

Untuk Perawatan Rambut

Rambutan dapat memberikan peran yang penting untuk meningkatkan kesehatan rambut anda. Dan ini adalah manfaat dari daun rambutan. Pasta yang terbuat dari daun rambutan diketahui ampuh untuk menutrisi rambut jauh hingga ke dalam batang rambut. Cara menggunakannya juga sangat sederhana. Ambil daun rambutan secukupnya, hancurkan, tambahkan sedikit air, lalu peras dan saring untuk diambil sarinya saja. Oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala, biarkan beberapa saat, lalu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan hal ini secara rutin untuk hasil yang terbaik.

Buah lain yang juga baik untuk perawatan rambut, lihat:


Untuk Perawatan Kulit

Buah rambutan dapat membuat kulit anda menjadi lebih lentur dan lembut. Kandungan air yang tinggi dalam buah ini bermanfaat untuk menghidrasi kulit anda, serta meningkatkan kehalusan, kelembutan, dan kelenturan kulit. Dan karena kemampuannya dalam mengikat radikal bebas, buah ini sangat bermanfaat dalam melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif. Antioksidan yang tinggi ini terbukti ampuh untuk memerangi kanker kulit pada tubuh anda.

Buah untuk perawatan kulit lainnya, lihat:

Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan

  1. Selama ratusan tahun buah rambutan sudah digunakan dalam ilmu pengobatan tradisional oleh masyarakat Indonesia dan Malaysia. Rambutan, baik itu kulit batang, daun, kulit buah, dan buahnya sering dimanfaatkan untuk perawatan beberapa penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan sejumlah masalah kesehatan lainnya.
  2. Vitamin C dalam buah rambutan diketahui dapat membantu penyerapan mineral seperti zat besi dan tembaga. Selain itu vitamin C juga bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas.
  3. Kandungan karbohidrat dan protein dalam buah rambutan dapat membantu meningkatkan energi dan mencegah kembung. Kandungan air di dalamnya dapat meredakan rasa haus serta membantu mendapatkan kembali energi yang hilang.
  4. Salah satu senyawa penting dalam buah rambutan adalah asam gallic. Senyawa ini bekerja seperti antioksidan yang melawan radikal bebas dan melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif, serta sangat bermanfaat untuk melawan penyakit kanker.
  5. Buah ini diketahui mengandung mineral tembaga dalam jumlah sedang yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dan darah putih. Selain itu, buah ini juga mengandung mangan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi dan mengaktifkan enzim.
  6. Kandungan fosfor dalam buah ini dapat membantu membersihkan ginjal dari racun dan sangat penting dalam membangun, memelihara, dan memperbaiki jaringan serta sel pada tubuh. Rambutan juga mengandung sejumlah besar kalsium yang bersama-sama dengan fosfor dapat melindungi gigi dan memperkuat tulang.
  7. Buah ini diketahui sebagai sumber zat besi yang sangat baik, yang dapat menjaga tingkat oksigen dalam darah dan mencegah terjadinya pusing serta kelelahan akibat anemia, yaitu penyakit yang disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam tubuh. Sehingga buah rambutan juga sangat baik untuk ibu hamil.
  8. Rambutan adalah buah yang rendah kalori dan sumber serat pangan yang baik. Kandungan serat dan kadar air yang tinggi dalam buah ini dapat mengendalikan rasa lapar dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Sangat baik bagi anda yang sedang menjalani program diet.
  9. Daun rambutan bisa digunakan sebagai kompres untuk menangkan saraf dan meredakan sakit kepala. Air rebusan kulit batangnya bisa digunakan sebagai obat kumur untuk mengatasi sariawan. Dan air rebusan dari akar tanaman rambutan dapat membantu meredakan demam.
  10. Selain manfaat dari kandungan nutrisinya, buah ini juga menawarkan efek antiseptik yang dapat membantu tubuh untuk melawan infeksi. Mengkonsumsi buah rambutan bisa dijadikan sebagai terapi untuk membunuh parasit pada usus dan mengatasi masalah diare.
Berikutnya baca:
Yang sebelumnya:


Di-Update pada 22 Februari 2015

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

3 komentar

Write komentar
27 September 2013 17.23 delete

info terlengkap yang pernah saya baca.
saya menyukai ini.

Reply
avatar
30 Januari 2014 19.30 delete

Terima kasih mbak Andi Hasriyani, semoga bisa menambah informasi..

Reply
avatar
13 April 2015 12.23 delete

Informasi yang sangat bermanfaat Semoga Sukses selalu, salam hangat dari kami Solusi Rambut Rontok

Reply
avatar