[Khusus Wanita] Rahasia "Jalan Pintas" untuk Mudah Mendapatkan Jodoh dan Memikat Pria Idaman

Selengkapnya >> Klik DISINI

Kandungan Nutrisi Buah Rambutan

Rambutan adalah buah tropis yang diyakini asli berasal dari Indonesia. Berdasarkan beberapa literatur yang Manfaat Buah kumpulkan, saat ini buah yang mempunyai nama ilmiah nephelium laapeceum ini dapat ditemukan juga di Filipina, Malaysia, Kamboja, Thailand, Srilangka, India, Ekuador, Australia, dan bahkan hingga di Amerika. Dari namanya saja memang sudah dapat dipastikan jika rambutan adalah buah asli Indonesia. Buah ini juga masih berkerabat dekat dengan buah tropis lain seperti leci dan kelengkeng. Dan menurut data penelitian ilmiah yang ada, kandungan nutrisi buah rambutan rupanya tidak dapat dianggap remeh. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

kandungan nutrisi buah rambutan

Kandungan Buah Rambutan

Kandungan Kalori Buah Rambutan
Dalam porsi 100 gr buah rambutan diketahui terkandung sekitar 84 kalori. Jika anda mengikuti pola diet seimbang 2000 kalori, maka kandungan kalori buah ini setara dengan 4,2% dari asupan harian yang disarankan. Ini adalah jumlah yang kecil dan tidak perlu dikhawatirkan walaupun asupan kalori yang seimbang untuk masing-masing orang berbeda berdasarkan usia, berat badan, tinggi badan, gaya hidup, dan jenis kelamin.


Nutrisi Makro Buah Rambutan
Rambutan adalah buah yang sangat rendah lemak, yaitu hanya sekitar 0,1 gr per-porsinya (100 gr). Dalam buah ini juga diketahui terdapat sejumlah kecil protein, yaitu antara 0,7 - 0,9 gr per-porsinya. Sebagian besar kalori yang tedapat dalam buah rambutan berasal dari kandungan karbohidrat di dalamnya, yaitu antara 14 - 14,5 gr, atau setara dengan 10,7% - 11,1% dari asupan karbohidrat harian yang disarankan (130 gr).

Vitamin Dalam Buah Rambutan
Walaupun tidak dapat dikatakan sangat luar biasa, buah rambutan termasuk makanan yang merupakan sumber vitamin C yang baik. Dalam setiap porsi buah ini (100 gr) diketahui dapat memenuhi sekitar 40% dari jumlah konsumsi harian vitamin C yang disarankan. Seperti anda ketahui, tubuh sangat membutuhkan kehadiran vitamin ini setiap harinya, namun tubuh juga tidak dapat memproduksi sendiri ataupun menyimpan kelebihannya untuk digunakan kemudian. Karena itu penting sekali bagi semua orang untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang tinggi kandungan vitamin C setiap harinya. Kandungan vitamin buah rambutan lainnya adalah sejumlah kecil vitamin A dan B6

Mineral Dalam Buah Rambutan
Mengkonsumsi satu porsi buah rambutan diketahui dapat memberikan pasokan zat besi yang cukup berarti bagi tubuh anda, yaitu sekitar 13,8% - 31,2% dari asupan harian zat besi yang disarankan. Zat besi sendiri adalah mineral yang berfungsi untuk menyeimbangkan kadar oksigen dalam darah yang dapat mencegah kelelahan serta pusing yang diakibatkan oleh anemia. Selain zat besi, mineral penting lain yang terdapat dalam buah rambutan adalah fosfor, yaitu sekitar 4,3% dari asupan harian yang disarankan. Fosfor adalah mineral yang membantu membuang racun dalam ginjal dan sangat penting untuk pembentukan, pemeliharaan, serta perbaikan semua jaringan dan sel pada tubuh.

Itulah tadi informasi mengenai berbagai kandungan gizi buah rambutan. Selanjutnya anda juga dapat melihat apa saja khasiat dan manfaat buah rambutan di 12 Manfaat Buah Rambutan Bagi Tubuh

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »