Cara Memilih, Menyimpan, Dan Menggunakan Rambutan

Berbicara mengenai cara memilih, menyimpan, dan menggunakan buah rambutan, saat anda ingin membeli buah rambutan, pilihlah yang masih segar dengan warna kulit yang masih terlihat cerah, serta rambut-rambut yang menyelimuti kulitnya juga tidak terlihat kering kecoklatan. Jangan pernah memilih rambutan yang terlihat memar, karena bisa jadi itu adalah tanda kalau buah telah rusak atau terlalu masak. Buah yang masih segar dapat disimpan dalam suhu ruangan selama beberapa hari. Sedangkan jika ingin memperpanjang masa penyimpanan, anda dapat menyimpannya di kulkas dengan menggunakan kantong kertas atau kantong plastik yang berlubang. Simak penjelasan Manfaat Buah mengenai cara mengkonsumsi dan pemanfaatan buah rambutan dibawah ini!

cara memilih dan menyimpan rambutan

Cara Menikmati Buah Rambutan

Ada banyak cara untuk makan buah yang mempunyai kandungan nutrisi (lihat Kandungan Nutrisi Buah Rambutan) yang cukup istimewa ini. Berikut beberapa cara mengkonsumsi buah rambutan yang paling umum:
  • Buah rambutan dapat dikonsumsi langsung sebagai camilan.
  • Buah ini juga dapat dijadikan sebagai campuran dalam salad buah.
  • Rambutan juga enak jika dicampur dengan selai dan jelly.
  • Buah rambutan juga merupakan pilihan yang baik sebagai pencuci mulut dan dapat digunakan sebagai campuran dalam smoothies (lihat Resep Membuat Green Smoothies Sehat) dan koktail.


Cara Menggunakan Rambutan

Seperti yang telah disampaikan dalam manfaat buah rambutan, anda dapat menggunakan daun, daging buah, dan biji rambutan sebagai perawatan kulit, rambut, dan untuk mengobati beberapa penyakit.

Untuk Perawatan Kulit:
  • Biji rambutan dapat dimakan mentah ataupun dihaluskan dan dioleskan ke seluruh kulit. Fungsinya adalah untuk membantu meratakan warna kulit, melembutkan, dan menyehatkan.
Untuk Perawatan Rambut:
  • Ambil daun rambutan secukupnya, campurkan dengan air, lalu remas-remas untuk mengeluarkan sarinya. Saring dengan kain bersih untuk diambil sarinya saja. Oleskan sari dari daun rambutan ini di kulit kepala yang basah saat anda mandi, biarkan beberapa saat, lalu bilas dengan air hingga bersih. Fungsinya adalah untuk membuat akar rambut menjadi lebih kuat dan memacu pertumbuhan rambut.
Untuk Mengobati Diabetes:
  • Ambil biji rambutan 5 buah, bakar diatas api, lalu giling hingga halus. Campurkan bubuk biji rambutan dengan segelas air dan langsung diminum. Lakukan ini setiap hari untuk mengontrol kadar gula darah. Lihat buah-buahan apa saja yang baik untuk diabetes DISINI
Untuk Mengobati Demam:
  • Ambil daun rambutan yang telah dikeringkan kira-kira 15 gr. Rebus daun kering tersebut dengan 3 gelas air, biarkan hingga mendidih lalu angkat. Setelah air rebusan dingin, saring dan minum air rebusan tersebut. Lakukan 3 kali sehari untuk mengobati demam.

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

2 komentar

Write komentar
16 Februari 2014 15.11 delete

Ini valid ga tips nya....
Takut coba mlh...

Reply
avatar
17 Februari 2014 18.49 delete

Insya Allah valid, saya selalu mencari referensi dari hasil2 penelitian (dalam dan luar negeri) sebelum menuangkannya dalam tulisan.

Reply
avatar