Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Buah Yang Disarankan Bagi Penderita Diabetes

Bagi anda yang mempunyai diabetes, mengkonsumsi makanan bergizi dapat membantu untuk mengontrol kadar gula darah, yaitu elemen vital yang harus dijaga tetap stabil bagi penderita diabetes. Mengetahui apa saja yang dapat dimakan, kapan waktu yang tepat untuk makan, serta berapa banyak porsinya dapat memberikan perbedaan yang berarti dalam menjaga kesehatan tanpa perlu mendapatkan suntikan insulin. Anda harus mencari makanan-makanan yang mempunyai nilai indeks glikemik rendah, yaitu yang dibawah nilai 55 demi menghindari lonjakan dalam gula darah yang dapat memperburuk kondisi diabetes. Beberapa diantaranya seperti buah yang disarankan bagi penderita diabetes berikut ini:

Buah Apel

Ungkapan bahwa 'satu buah apel sehari dapat membuat anda jauh dari dokter' rupanya memang terbukti bagi penderita diabetes. Dikatakan jika pektin, yaitu senyawa yang ditemukan dalam kulit dan daging buah apel efektif dalam membantu mengobati diabetes. Pektin dapat membantu mendetoksifikasi tubuh dan mengurangi kebutuhan insulin tubuh hingga 35%.

Buah apel juga hanya mempunyai nilai indeks glikemik 40, sehingga buah ini sangat baik bagi pengaturan kadar gula darah yang stabil. Selain itu, enzim yang terdapat dalam buah ini diketahui dapat mempengaruhi pencernaan karbohidrat, yaitu mengurangi penyerapan glukosa dalam saluran pencernaan dan merangsang pankreas untuk memproduksi lebih banyak insulin. Ini semua bermanfaat dalam menyeimbangkan kadar gula darah.


Stroberi

buah stroberi untuk diabetes
Buah yang satu ini pasti akan memainkan peran yang signifikan bagi anda penderita diabetes. Berdasarkan apa yang disampaikan American Diabetes Association, buah stroberi digolongkan sebagai "makanan super" yang mempunyai nilai indeks glikemik hanya 40 per 120 gr saji. Selain itu, buah stroberi juga dilengkapi dengan kandungan serat, nutrisi bermanfaat, dan antioksidan yang berlimpah.

Mengkonsumsi stroberi dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung yang memang rawan bagi mereka yang menderita diabetes. Berdasarkan data yang ada, 3/4 dari penderita diabetes meninggal akibat beberapa penyakit pembuluh darah atau jantung. Hal ini dapat terjadi karena kandungan dalam buah stroberi secara signifikan dapat menurunkan tingkat kolesterol. Dan menurunkan tingkat kolesterol secara otomatis akan mengurangi resiko terkena komplikasi kardiovaskular akibat diabetes.

Grapefruit

grapefruit untuk diabetes
Grapefruit adalah keluarga dari buah jeruk, sekilas buah ini mirip dengan buah jeruk bali. Namun grapefruit berbeda dengan jeruk bali. Anda hanya bisa mendapatkannya di supermarket-supermarket besar, karena buah ini masih diimpor hingga sekarang. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, grapefruit yang hanya mempunyai nilai indeks glikemik 25 per 120 gr sajinya ini dapat membantu meningkatkan sensitifitas insulin. Ini sangat penting karena insulin membantu pelepasan gula ke aliran darah dan berdampak langsung pada tingkat gula darah. Penelitian lain juga melaporkan bahwa antioksidan dalam grapefruit yang disebut dengan naringenin dapat membantu hati dalam memecah lemak namun tetap mempengaruhi sensitifitas tubuh terhadap insulin.

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »