Durian Dan Penurunan Berat Badan

Walaupun secara umum buah-buahan cenderung rendah kandungan kalori dan baik untuk program penurunan berat badan, namun tidak semua buah memiliki nilai gizi yang sama. Contohnya adalah buah yang akan dibahas dalam artikel kali ini. Seperti yang telah dijelaskan dalam artikel "kandungan nutrisi buah durian", buah yang dikenal dengan julukan Raja Buah ini diketahui tinggi kandungan lemak dan padat nutrisi. Karena itu, buah durian dan penurunan berat badan bukanlah pasangan yang tepat. Jika anda sedang dalam program penurunan berat badan dan sangat ingin untuk mengkonsumsi buah durian, maka anda harus mengurangi asupan kalori total dari makanan yang lain.

buah durian dan penurunan barat badan

Kandungan Kalori Durian

Dalam pengaturan berat badan, kalori adalah kunci utama yang memegang peranan. Jika anda mengkonsumsi kalori lebih banyak dari yang tubuh anda perlukan, maka berat badan anda akan bertambah. Sebaliknya, jika anda membakar kalori lebih banyak dari yang anda konsumsi, maka berat badan anda juga akan berkurang. Durian adalah buah yang tinggi akan kandungan kalori. Dalam 1 cangkir porsi buah durian (sekitar 250 gr) diketahui mengandung sekitar 357 kalori. Ini adalah jumlah yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan yang lainnya. Sebagai perbandingan, 1 cangkir porsi buah apel diketahui hanya mengandung sekitar 57 kalori.

Lemak Dalam Buah Durian

Durian juga merupakan buah yang tinggi kandungan lemak, yaitu sekitar 13 gr dalam setiap cangkir porsinya. Walaupun beberapa jenis lemak juga sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan secara umum, namun terlalu banyak mengkonsumsi lemak dapat merugikan bagi diet karena lemak diketahui padat akan kalori. Ini tentu bukan hal yang baik bagi anda yang sedang menjalani penurunan berat badan. Tapi ada satu penelitian juga yang membuktikan bahwa walaupun kandungan kalori dalam lemak sangat tinggi, namun kalori dalam lemak tidak memberikan dampak sebesar kalori yang terkandung dalam karbohidrat.

Kandungan Karbohidrat Buah Durian

Dalam setiap cangkir porsi buah durian diketahui terkandung sekitar 66 gr karbohidrat. Ini berarti bahwa hanya dari kandungan karbohidratnya saja buah durian dapat memberikan 264 kalori ke tubuh anda. Memang karbohidrat adalah unsur penting bagi tubuh karena merupakan sumber energi yang anda perlukan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Namun mengkonsumsi karbohidrat terlalu banyak juga dapat dengan cepat menaikkan berat badan anda. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam "The Journal of Nutrition" tahun 2003, menyebutkan bahwa mengurangi asupan karbohidrat akan mempercepat pembakaran lemak dan dapat mengurangi berat badan anda.

Protein Pada Buah Durian

Buah durian diketahui rendah akan kandungan protein, yaitu hanya sekitar 3,5 gr dalam setiap cangkir porsinya. Jumlah ini setara dengan 4% dari total kalori yang ada dalam buah durian. Penting untuk diketahui bahwa protein sangat baik untuk membangun otot, dan beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa protein dapat membantu menurunkan berat badan. Sebuah jurnal kesehatan yang diterbitkan pada tahun 2008, mengungkapkan jika protein lebih cepat mengenyangkan daripada karbohidrat dan lemak, serta dapat meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh.

Berikutnya baca:

Sebelumnya:
Hubungan Durian dengan Tekanan Darah Tinggi


Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

3 komentar

Write komentar
22 Januari 2014 18.29 delete

Aku seneng sekali durian, untuk olahan durian aku paling seneng pancake durian.. Sebenarnya lg proses diet, tp berhubung ada stok di freezer jd susah bngt berhentinya... :D

Reply
avatar
30 Januari 2014 19.08 delete

Durian memang selalu menggoda, apalagi sekarang di pinggir-pinggir jalan lagi banyak yang jual hehehe...

Reply
avatar
16 Februari 2015 16.40 delete

Durian oh durian kamu diciptakan utk dinikmati

Reply
avatar