Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Apa Jambu Biji Dapat Mempengaruhi Gula Darah?

Jambu biji adalah tanaman yang asli berasal dari daerah tropis dan tersebar merata di kawasan Asia Tenggara, walaupun saat ini juga dibudidayakan di daerah lain seperti Amerika dan Australia. Buah yang memiliki banyak varietas dengan berbagai ukuran ini memang sudah lama dikomersialkan dalam berbagai produk, terutama jus. Jika sebelumnya Manfaat Buah sudah pernah membahas hubungan antara makan jambu biji dengan tingkat kolesterol, maka artikel kali ini ingin menjawab pertanyaan apakah jambu biji dapat meningkatkan kadar gula darah.

hubungan jambu biji dengan kadar gula darah

Seperti anda ketahui bersama, beberapa buah-buahan walau diketahui memiliki segudang khasiat - namun ternyata juga dapat meningkatkan kadar gula darah yang tentu tidak baik bagi penderita diabetes. Lalu bagaimana dengan jambu biji? Secara rata-rata buah jambu biji dikatakan memiliki kandungan karbohidrat sekitar 13 gr, dimana 8 gr diantaranya berasal dari gula alami dan 5 gr sisanya adalah serat. Bersamaan dengan karbohidrat tersebut, jambu biji juga mengandung sekitar 2 gr protein.

Baca juga:
Buah-Buahan Bagi Penderita Diabetes
Buah Yang Harus Dihindari Penderita Diabetes
Buah Pencuci Mulut Untuk Orang Diabetes

Karbohidrat Dalam Jambu Biji

Dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang kemudian digunakan oleh sel-sel tubuh sebagai sumber energi. Glukosa ini akan diantarkan ke seluruh sel tubuh anda melalui aliran darah. Ketika anda mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung karbohidrat, maka secara otomatis kadar gula darah anda juga akan meningkat sebagai akibat dipecahnya karbohidrat menjadi glukosa. Sedangkan kandungan gula akan dimetabolisme dengan segera dan memasuki aliran darah secara cepat.

Serat Pada Jambu Biji

Kandungan serat dalam jambu biji dapat mengurangi proses pencernaan karbohidrat. Serat ini tidak dapat dicerna oleh tubuh dan akan melewati sistem pencernaan anda tanpa mempengaruhi kadar gula darah sama sekali. Jika anda ingin mengetahui efek sebenarnya dari karbohidrat pada makanan, maka anda dapat mengurangi jumlah karbohidrat total dengan setengah dari kandungan seratnya. Sebagai contoh adalah buah jambu biji yang memiliki karbohidrat total 13 gr. Jika dikurangi setengah dari kandungan seratnya, maka sisa karbohidrat yang sebenarnya pada jambu biji adalah 10 gr.

Kandungan Protein Jambu Biji

Protein adalah bagian penting dalam mengatur kadar gula darah. Menambahkan 5 gr protein atau lebih dalam 1 porsi karbohidrat dapat membantu memperlambat pencernaan tubuh anda. Hal ini akan menciptakan reaksi glukosa darah secara bertahap, sehingga dapat mencegah terjadinya lonjakan pada kadar gula darah anda. Anda dapat menambahkan protein tanpa lemak yang bisa didapat dari keju lembut atau ikan salmon, dll saat mengkonsumsi buah-buahan segar yang mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Fungsinya adalah untuk mengurangi efek karbohidrat secara keseluruhan.

Sebelumnya:
Hubungan Jambu Biji Dengan Kolesterol


Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »