Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Efek Semangka Bagi Penderita Diabetes

Diabetes termasuk salah satu penyakit yang agak sulit untuk dikelola. Kebanyakan para penderita diabetes akan selalu memperhatikan jumlah aneka makanan yang mereka konsumsi. Selain itu, penyakit diabetes juga membuat para penderitanya berada pada posisi yang lebih beresiko untuk menderita berbagai penyakit lainnya, seperti infeksi kulit dll.

Dan seperti telah banyak diuraikan dalam blog ini tentang penyakit diabetes, beberapa makanan (dalam hal ini adalah buah) tertentu diketahui dapat memberikan manfaat kesehatan. Salah satunya adalah buah semangka. Efek semangka bagi penderita diabetes adalah sebagaimana yang akan dijelaskan dibawah ini.

efek semangka bagi penderita diabetes

Karbohidrat Bagi Diabetes

Untuk menjaga kestabilan gula darah, para penderita diabetes harus mengontrol asupan karbohidrat harian mereka. Walaupun karbohidrat adalah bagian penting dari makanan karena merupakan sumber energi, namun para penderita diabetes harus menghitung dengan baik pengkonsumsiannya agar tidak berlebihan.

Rasa manis dari buah semangka seringkali dijadikan sebagai indikasi akan tingginya karbohidrat dalam buah ini, dan dianggap bukan buah yang baik bagi diabetes. Namun menurut Harvard School of Public Health, kandungan air yang sangat tinggi dalam buah semangka adalah tanda bahwa buah ini memiliki jumlah karbohidrat yang rendah serta aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes.




Kandungan Nutrisi Semangka

Semangka diketahui sebagai buah yang tinggi akan kandungan berbagai vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Buah ini mengandung vitamin A yang membantu untuk menjaga kesehatan sel-sel anda, vitamin C yang membantu melawan infeksi dan radikal bebas, serta kalium yang dapat mencegah serangan tekanan darah tinggi, menyeimbangkan sirkulasi darah, dan mengatur impul saraf. Selain itu, semangka juga bebas lemak dan tidak mengandung kolesterol, dimana ini sangat penting bagi para penderita diabetes.

Antioksidan Dalam Semangka

Buah semangka mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi penderita diabetes dari serangan berbagai penyakit dan beberapa jenis kanker. Yang paling istimewa adalah kandungan likopen yang memang sangat berlimpah dalam buah ini.

Likopen adalah antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh kita dari penyakit jantung dan membuat jantung lebih sehat. Selain itu, likopen juga dapat bekerja dalam DNA sel darah putih, yaitu sel-sel yang membantu untuk melawan infeksi.

Seperti telah dijelaskan, penderita diabetes mungkin memiliki resiko yang lebih tinggi untuk menderita berbagai infeksi terkait sirkulasi darah dan kadar glukosa yang tinggi. Dan kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah ini dapat membantu untuk menurunkan resiko tersebut.

Berikutnya baca:

Yang sebelumnya:

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »