Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Jika sebelumnya saya telah membahas tentang khasiat air kelapa secara umum, kali ini saya ingin membahas yang lebih spesifik lagi, yaitu manfaat air kelapa untuk ibu hamil. Mungkin sebagian besar dari anda pernah mendengar bahwa air kelapa muda sangat baik untuk kehamilan.

Mitos yang berkembang di masyarakat adalah apabila wanita hamil rajin minum air kelapa muda (khususnya saat menginjak trimester ketiga kehamilan), maka air ketubannya akan bersih, bayi yang dilahirkan juga akan mempunyai rambut yang lebat, serta mata dan kulit yang putih bersih.

manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Benarkah hanya mitos? Lalu apakah informasi mengenai khasiat air kelapa muda untuk ibu hamil itu tidak benar? Jangan salah paham dulu. Saya menyebut "mitos" karena memang belum pernah ada penelitian resmi yang menyatakan kebenaran akan klaim yang beredar di masyarakat tersebut. Namun air kelapa memang mengandung sejumlah besar zat-zat yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Jadi bisa jadi mitos yang berkembang di masyarakat itu memang benar adanya. Dan terlepas dari kebenaran akan hal tersebut, ibu hamil memang sangat baik jika rajin meminum air kelapa muda, khususnya air kelapa hijau.

Kandungan Air Kelapa dan Manfaatnya Bagi Ibu Hamil

  • Air kelapa diketahui bebas lemak dan tidak mengandung kolesterol jahat. Hal ini membuat tingkat HDL (kolesterol baik) dalam tubuh meningkat. Ini sangat baik untuk mengontrol tingkat kolesterol dalam tubuh selama kehamilan.
  • Karena air kelapa kaya akan kandungan zat anti bakteri, anti jamur, dan anti virus, maka air kelapa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah HIV, herpes, flu, dan penyakit lainnya selama kehamilan.
  • Wanita hamil biasanya mudah sekali merasa kelelahan dan mengalami dehidrasi. Hal ini dapat diatasi secara cepat dengan minum air kelapa muda. Kadar elektroit yang tinggi pada air kelapa akan dengan segera menggantikan elektrolit tubuh yang hilang.
  • Selain menyehatkan saluran pencernaan dan mengeluarkan cacing usus, air kelapa muda juga dapat mengatasi rasa mulas dan masalah sembelit yang biasa diderita oleh ibu hamil.
  • Air kelapa muda adalah diuretik alami. Artinya, air kelapa muda dapat meningkatkan frekuensi dan aliran kencing. Hal ini sangat baik untuk mencegah masalah infeksi saluran kemih yang biasa dialami oleh wanita yang sedang hamil.
  • Terakhir, karena sangat baik untuk saluran pencernaan, air kelapa juga membuat tubuh ibu hamil dapat dengan mudah mencerna makanan dan lebih optimal dalam menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.
Sebelumnya:

    Bantu saya membagikannya

    Artikel Terkait

    Berikutnya
    « Prev Post
    Sebelumnya
    Next Post »

    3 komentar

    Write komentar
    30 Mei 2013 19.31 delete

    Kelapa memang sangat banyak manfaatnya semua bagian bisa dimanfaatkan,, ternyata bisa juga yah buat ibu hamil, terima kasih infonya

    Reply
    avatar
    5 Desember 2013 21.07 delete

    informasi yang sangat bermanfaat dan membantu. air kelapa memang memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tidak terkecuali untuk ibu hamil.

    Reply
    avatar
    30 Januari 2014 19.15 delete

    Walaupun bukti ilmiah masih sedikit, namun hipotesa yang dibuat berdasarkan fakta kandungan dalam air kelapa cukup kuat untuk menyatakan jika air kelapa (muda) memang sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat!

    Reply
    avatar