Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

Pada artikel kali ini saya ingin membahas secara lengkap mengenai manfaat buah pisang untuk kesehatan. Jika sebelumnya anda sudah sempat membaca posting utama mengenai manfaat buah pisang, disitu sudah dituliskan apa saja manfaat dari buah ini untuk kesehatan dan kecantikan. Walaupun belum dijabarkan secara detail, setidaknya itu dapat memberi gambaran akan keistimewaan buah yang satu ini. Buah yang varietas terbanyaknya ada di kawasan Asia Tenggara ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap untuk tubuh. Mineral penting dan vitamin-vitamin yang terkandung di dalamnya membuat dokter sering merekomendasikan buah pisang kepada para pasiennya. Khasiat buah pisang untuk kesehatan tubuh antara lain:

manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh

Berbagai Manfaat Pisang Untuk Tubuh

1. Baik untuk saluran pencernaan
Pisang mengandung cukup serat yang sangat baik untuk menjaga gerakan usus tetap teratur. Selain itu, pisang juga mengandung senyawa pektin yang ampuh untuk mencegah terjadinya sembelit. Konsumsi pisang secara teratur dipercaya sangat ampuh untuk mencegah terjadinya kanker lambung.

2. Baik untuk kesehatan ginjal
Pisang merupakan sumber potasium yang sangat baik. Kecukupan potasium dalam tubuh membuat pengontrolan pengeluaran kalsium melalui urin lebih stabil. Kondisi ini mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal, sehingga ginjal juga menjadi lebih sehat.

3. Ampuh untuk menurunkan tekanan darah
Kadar kalium dalam buah pisang bisa dikatakan cukup tinggi. Fungsi kalium adalah untuk menetralkan tekanan darah, karena itu sangat baik untuk mencegah terjadinya serangan darah tinggi ataupun stroke. Ini pula yang menjadi alasan mengapa para dokter sering menganjurkan kepada pasien darah tinggi untuk rajin mengkonsumsi pisang setiap hari.

4. Mengembalikan energi dengan cepat
Buah pisang mengandung karbohidrat sehat yang dapat dengan cepat diserap dan diolah oleh tubuh untuk menjadi sumber energi. Karena itu, banyak pelatih yang meminta para atlet untuk mengkonsumsi buah pisang sebelum atau saat jeda pertandingan.

Baca juga: Buah-Buahan Yang Membuat Anda Bertenaga


Resep Kesehatan Dari Buah Pisang

  • Untuk mengatasi sakit perut
Untuk meredakan sakit perut atau mengatasi gangguan masalah pada usus, cukup dengan mengkonsumsi pisang bersamaan dengan segelas susu.
  • Bagi penderita lever
Konsumsi 2 buah pisang ukuran sedang dengan 1 sdm madu murni beberapa jam sebelum makan. Selain akan menambah nafsu makan, ini juga akan mengembalikan stamina tubuh yang loyo.
  • Bagi penderita diabetes
Pisang khas Gorontalo (goroho) yang dikukus dan ditambahkan parutan kelapa muda dipercaya sangat baik sebagai asupan tambahan. Dipercaya ini dapat membuat gula darah menjadi lebih stabil.

Baca juga:
Manggis Baik Untuk Penderita Diabetes
  • Untuk program diet
Ganti menu makan anda dengan mengkonsumsi 4 buah pisang ukuran besar dan 4 gelas susu non/low fat. Anda tidak perlu kuatir merasa kelelahan karena ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan energi anda. Lakukan pola makan diet pisang ini setidaknya 3 kali dalam seminggu jika ingin hasilnya cepat terlihat.

Itulah tadi beberapa manfaat dari buah pisang bagi kesehatan tubuh dan beberapa resep yang dapat anda coba di rumah. Semoga artikel ini dapat memberikan masukan berarti untuk anda semua!

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »