Manfaat Buah Pisang Untuk Diet

Sebelumnya pada artikel umum tentang manfaat buah pisang sudah disebutkan bahwa salah satu khasiatnya adalah baik untuk membantu program diet. Pada artikel kali ini, saya ingin membahasnya secara lebih mendalam. Buah pisang adalah salah satu makanan alami paling bergizi yang dapat membantu program penurunan berat badan. Selain itu, pisang juga dapat dimakan sebagai pelengkap sarapan, sebagai camilan sebelum jam makan, dan sebagai campuran dalam hidangan pencuci mulut. Manfaat buah pisang untuk diet terletak pada semua keistimewaan yang terkandung di dalamnya.

manfaat buah pisang untuk diet

Kandungan Kalori, Lemak, dan Serat Buah Pisang

Artikel-artikel sebelumnya sudah menjelaskan jika pisang tinggi akan kandungan vitamin B6, kalium, dan magnesium. Namun hebatnya, buah ini termasuk sangat rendah kalori. Satu buah pisang ukuran besar (kira-kira 18 - 20 cm) diketahui hanya mengandung sekitar 105 kalori. Jika dibandingkan dengan aturan yang disarankan untuk asupan kalori per-hari yaitu 2000 kalori, maka memakan beberapa buah pisang hanya memberikan sejumlah kecil kalori untuk tubuh, namun akan menyumbangkan sejumlah besar nutrisi penting yang sangat baik untuk diet.

Seperti semua jenis buah-buahan yang lain, buah pisang juga diketahui sangat rendah akan kandungan protein. Dan buah ini juga sangat rendah kandungan lemak. Untuk diketahui, lemak pada makanan sangat tinggi akan kandungan kalori. Dalam setiap gram lemak setidaknya terkandung 9 kalori. Buah pisang ukuran besar yang telah masak diketahui mengandung lemak tidak lebih dari 1/2 gram. Karena itu anda tidak perlu kuatir untuk mengkonsumsi pisang, karena jumlah lemak buruk yang membuat bobot badan anda bertambah memang sangat kecil sekali.

Sebuah pisang ukuran besar diketahui mengandung sekitar 4 gr serat makanan. Ini adalah jumlah yang luar biasa, karena asupan serat minimal yang disarankan per-hari hanya sekitar 25 gr. Kecukupan serat sangat penting dalam program diet. Serat pangan akan membuat anda merasa kenyang lebih cepat dan lebih lama. Selain itu, serat akan dicerna secara perlahan oleh tubuh. Ini akan membuat gula darah anda menjadi stabil, sehingga anda tidak akan cepat merasa lapar.


Indeks Glikemik Buah Pisang Dan Hal Yang Perlu Dipertimbangkan

Indeks glikemik adalah nilai dari seberapa cepat karbohidrat yang terdapat dalam makanan dilepaskan ke tubuh. Semakin rendah nilai indeks glikemik suatu makanan, maka semakin perlahan pula makanan tersebut melepaskan karbohidratnya ke tubuh. Semakin lambat karbohidrat dilepaskan ke tubuh, maka kadar gula darah juga semakin stabil dan terhindar dari lonjakan mendadak yang membuat tubuh mendapatkan sinyal untuk makan lebih banyak dari yang seharusnya.

Makanan yang mendapat nilai diatas 70 termasuk kedalam makanan dengan indeks glikemik tinggi. Sedangkan makanan dengan nilai dibawah 55 termasuk kedalam makananan dengan indeks glikemik yang rendah. Bagaimana dengan pisang? Nilai indeks glikemik buah pisang hanya 51, ini berarti buah pisang sangat baik bagi anda yang menjalani program untuk menurunkan berat badan.

Namun walaupun begitu, jangan membuat pola diet keliru seperti yang banyak dilakukan oleh orang-orang. Hanya mengkonsumsi pisang saja tentu bukanlah hal yang disarankan oleh semua ahli nutrisi. Jadikan buah pisang sebagai salah satu variasi dalam menu diet anda dan tetap lakukan olah raga fisik secara teratur untuk mempercepat proses penurunan berat badan anda secara sehat. Keistimewaan buah pisang hanya didapatkan jika anda mengkonsumsinya secara benar dan bijak.
Lihat : 10 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

4 komentar

Write komentar
11 Juni 2013 15.48 delete

ternyata buah pisang memang memiliki manfaat yang sangat banyak ya, beruntung sekali saya adalah salah satu penggemar berat buah yang satu ini. nice info, very informative.

Reply
avatar
28 Juni 2013 14.46 delete

tidak sia sia saya suka makan buah pisang, pas saya baca manfaatnya di sini ternyata manfaat buah pisang sangat luar biasa.

Reply
avatar
10 Juli 2013 14.48 delete

wakh makin suka saja nieh sama buah yang satu ini !!!

Reply
avatar
13 Juli 2013 23.40 delete

mantaap selain untuk diet juga bisa mengganjal perut. monyet aja cuma makan pisang bisa turun naik pohon

Reply
avatar