[Khusus Wanita] Rahasia "Jalan Pintas" untuk Mudah Mendapatkan Jodoh dan Memikat Pria Idaman

Selengkapnya >> Klik DISINI

Manfaat Buah Pisang: Bukan Sekedar Camilan

Berdasarkan hasil penelitian ternyata manfaat buah pisang tidak boleh dianggap remeh sama sekali. PISANG, salah satu buah yang paling umum dikenal oleh masyarakat Indonesia. Sebelum adanya aneka buah impor yang dibudidayakan di Indonesia, mungkin buah pisang adalah salah satu jenis buah yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat kita. Berbagai macam aneka olahan pisang juga sangat mudah ditemukan di Indonesia. Mulai dari kolak, pisang goreng, molen, sale, epe, kripik, dll. Bangsa kita memang sangat pandai mengolah pisang menjadi berbagai jenis camilan yang menggugah selera. Lalu bagaimana dengan manfaat dari buah pisang ini?

manfaat buah pisang untuk kesehatan dan kecantikan

Informasi Umum Buah Pisang

Pisang adalah buah yang mempunyai varietas yang sangat banyak. Keaneka ragaman jenis buah pisang paling banyak dapat ditemukan di daerah Malesia (Asia Tenggara, Papua, dan Australia tropis), jadi tidak heran jika negara kita mempunyai banyak sekali jenis pisang. Dan walaupun secara umum hampir semua buah pisang yang matang mempunyai warna kulit buah yang kuning, namun ada juga buah pisang yang mempunyai warna kulit ungu, oranye, merah, hijau, bahkan hitam.

Tanaman pisang sangat menyukai daerah yang panas dan lembab (tropis), dan dapat tumbuh dengan baik khususnya pada dataran rendah. Pohon pisang juga tidak mengenal musim, selama mendapatkan air dalam jumlah yang cukup tanaman ini dapat terus berbuah sepanjang tahun. Selain Indonesia, beberapa negara di kepulauan Pasifik dan Amerika Tengah adalah produsen utama untuk buah ini. Sedangkan untuk konsumen utama, masyarakat beberapa negara di Afrika dan Amerika Latin diketahui mempunyai tingkat konsumsi yang tinggi untuk buah ini.

manfaat buah pisang yang menakjubkan

Buah pisang adalah sumber energi yang sangat baik. Kandungan kalori dalam buah pisang hampir 3 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah apel dalam porsi yang sama. Berdasarkan cara mengkonsumsinya, buah pisang dibagi menjadi pisang meja (dimakan langsung) dan pisang olah (perlu diolah dulu). Dan masyarakat Indonesia terkenal sangat kreatif untuk mengolah buah yang satu ini. Bisa dibilang semua daerah yang mempunyai produksi pisang yang melimpah pasti memiliki olahan buah pisang yang khas dan enak.


Kandungan Nutrisi Buah Pisang

Pisang mempunyai nilai gizi yang sangat tinggi. Selain itu, buah pisang juga mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang tidak dapat diremehkan. Berdasarkan data dari hasil penelitian, diketahui kandungan nutrisi pada buah pisang antara lain:
  • Kalori
  • Serat
  • Vitamin C
  • Provitamin A
  • Vitamin B kompleks, B6
  • Kalium
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Kalsium
  • Zat Besi, dll

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Berdasarkan data kandungan gizi-nya, pisang menjadi salah buah yang paling banyak disarankan oleh dokter. Selain itu, beberapa hasil penelitian juga telah membuktikan jika buah pisang mempunyai banyak sekali khasiat berharga, yaitu antara lain:
Penjelasan lebih detail untuk khasiat buah pisang diatas akan dibahas lebih lanjut satu-persatu oleh blog Manfaat Buah dalam artikel tersendiri. Semoga penjabaran singkat tentang informasi umum, kandungan nutrisi, dan manfaat pisang diatas cukup memberikan pengetahuan bagi anda.

Berikutnya baca:


Di-Update pada 14 Februari 2015

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
30 Juni 2015 15.40 delete

ohh ternyata pisang memiliki manfaat sebaik itu , baru tahu

Reply
avatar