Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Buah Yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Diabetes adalah gangguan sistem metabolisme yang melibatkan lonjakan pada kadar gula darah. Pada diabetes tipe 1,  tubuh tidak mampu lagi memproduksi insulin, yaitu hormon yang mengatur kadar gula darah. Sedangkan untuk diabetes tipe 2, sel-sel pada tubuh sudah tidak lagi merespon insulin, walaupun sebenarnya pankreas pada tubuh tetap memproduksi hormon tersebut.

Bagi penderita diabetes, mengatur menu dan jumlah makanan yang dikonsumsi adalah sebuah keharusan. Makanan-makanan yang mempunyai indeks glikemik tinggi adalah sebuah pantangan yang harus dihindari karena dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Berdasarkan hal ini, buah yang harus dihindari penderita diabetes tentunya adalah buah yang termasuk dalam kelompok makanan dengan indeks glikemik tinggi. Apa saja buah-buah tersebut?


Semangka Bagi Penderita Diabetes

Buah ini biasanya dipanen pada saat musim panas. Kandungan air yang tinggi pada semangka membuat buah ini memang terasa sangat menyegarkan. Beberapa kandungan nutrisi buah semangka juga sudah terbukti secara ilmiah mempunyai banyak manfaat. Kandungan antioksidan tinggi dan likopen dalam buah ini dapat mencegah kanker prostat dan jenis kanker lainnya. Kandungan vitamin B dan arginin dalam semangka juga dapat membantu pria yang mempunyai masalah disfungsi ereksi.

Namun walaupun mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan, buah semangka diketahui memiliki skor 72 untuk nilai indeks glikemik. Ini adalah nilai yang tinggi. Karena itu, bagi anda yang menderita penyakit diabetes sangat dianjurkan untuk menghindari buah ini. Karena walaupun bermanfaat untuk beberapa hal, mengkonsumsi semangka dapat meningkatkan kadar gula darah anda dengan cepat. Jadi sebaiknya jangan ambil resiko walaupun anda mempunyai persediaan insulin.


Nanas Bagi Penderita Diabetes

Nanas adalah buah tropis yang merupakan sumber vitamin C, mangan, dan enzim bromelain yang sangat baik. Mangan sangat diperlukan karena terlibat langsung dalam produksi energi dan aktifitas antioksidan dalam tubuh. Vitamin C adalah antioksidan penting yang mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan kulit dan mencegah kerusakan pada sel yang diakibatkan oleh radikal bebas. Sedangkan enzim bromelain, ini adalah sekumpulan senyawa kompleks yang mempunyai manfaat untuk mencegah pembekuan darah, peradangan, dan terbentuknya tumor.

Nilai indeks glikemik buah nanas adalah 66 atau sedikit lagi maka termasuk dalam kelompok makanan dengan indeks glikemik tinggi (skor 70 keatas). Walaupun masih dibawah 70, namun buah ini juga termasuk dalam buah yang harus dihindari penderita diabetes. Jika penderita diabetes sangat ingin untuk memakannya, maka porsinya harus sedikit dan harus juga dibarengi dengan mengkonsumsi makanan lain yang mempunyai nilai indeks gikemik rendah.

Pisang Bagi Penderita Diabetes

Pisang termasuk dalam kelompok buah yang dapat meningkatkan energi. Buah ini kaya akan kandungan vitamin B6, vitamin C, mangan, kalium, dan serat. Walaupun manfaat pisang sangat banyak, buah ini juga diketahui memiliki skor 62 untuk nilai indeks glikemik. Memang termasuk dalam kelompok menengah, namun juga merupakan buah yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Konsumsi dalam jumlah kecil yang dibarengi makanan dengan indeks glikemik rendah diperbolehkan, namun tetap harus diawasi.

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »