Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Manfaat Dan Khasiat Jus Nanas Untuk Peradangan

Nanas adalah buah tropis yang sangat mudah kita jumpai di pasar-pasar tradisional hingga supermarket. Sehubungan dengan judul artikel kali ini yang membahas mengenai manfaat dan khasiat jus nanas untuk peradangan, maka +Manfaat Buah ingin mengingatkan kembali kepada anda mengenai berbagai manfaat buah nanas yang sudah pernah disampaikan dalam artikel utama mengenai buah tersebut dalam blog ini. Disitu sudah pernah saya sampaikan secara singkat bahwa selain tinggi akan kandungan mangan, tembaga, serat, vitamin B1, B6, dan C, buah nanas juga merupakan sumber enzim bromelain yang memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat menyembuhkan peradangan pada sendi.

khasiat jus nanas untuk radang sendi

Kandungan Bromelain Pada Jus Nanas

Jus nanas yang kaya akan kandungan enzim bromelain inilah yang dipercaya menjadi keistimewaan dari buah ini. Enzim tersebut dapat ditemukan pada daging buah maupun batang tanaman nanas. Sifat bromelain yang sebagai proteinase sistein, yaitu enzim yang mencerna protein dikatakan yang paling berperan sebagai zat anti peradangan. Enzim bromelain memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar tromboksan A2 dan prostaglandin E2, yaitu zat yang berhubungan dengan penyempitan pembuluh darah, pembekuan darah, dan modulasi peradangan. Selain itu, bromelain juga berfungsi untuk menurunkan sekresi sitokin dan kemokin, yaitu 2 protein imunoregulator yang dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh kita.


Manfaat Jus Nanas Untuk Mengatasi Peradangan

Jus nanas dapat membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit arthritis dan gangguan sendi lainnya, termasuk mengurangi pembengkakan pada jaringan lunak yang diakibatkan oleh cidera. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal "Clinical Imunology" tahun 2008, dikatakan bahwa enzim bromelain juga dapat meringankan peradangan pada gangguan pencernaan seperti kolitis ulcerativa dan penyakit Chron. Selain itu, bromelain juga dapat digunakan untuk pengobatan sinusitis selama dipadukan dengan terapi lainnya. Untuk khasiat lainnya, silahkan baca manfaat jus nanas bagi kesehatan dan manfaat jus nanas bagi wanita.

Pertimbangan Dan Peringatan

Karena yang paling bermanfaat dalam jus nanas untuk mengatasi peradangan adalah kandungan enzim bromelain-nya, maka anda dapat juga membeli bromelain yang telah dikemas dalam bentuk tablet, kapsul, ataupun sirup. Dosis standar yang dikatakan aman dan paling umum dikonsumsi adalah antara 120 mg hingga 160 mg / hari, atau kira-kira 2 potong nanas segar ukuran standar. Namun penting untuk diperhatikan bahwa "Jangan sekali-sekali pernah menggunakan bromelain sebagai pengobatan radang sendi tanpa konsultasi ke dokter terlebih dahulu". Karena pada sebagian orang, bromelain dapat memberikan efek samping seperti mual, muntah, diare, meningkatkan denyut jantung, dan reaksi alergi.

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »