Manfaat Serta Khasiat Kulit Semangka

Kebanyakan dari anda tentu akan membuang bagian dalam kulit buah semangka yang berwarna putih kehijauan tersebut. Salah satu alasannya mungkin karena agak keras dan tidak terasa manis. Namun jika saja anda mengetahui manfaat serta khasiat kulit semangka yang luar biasa, saya yakin anda akan berpikir 2 kali untuk membuangnya.

Seperti telah dijelaskan dalam artikel utama mengenai manfaat buah semangka, buah yang diketahui berasal dari daerah setengah gurun di Afrika Selatan ini mengandung berbagai vitamin dan mineral penting. Pemanfaatannya juga sangat beragam bagi kesehatan dan kecantikan tubuh anda.

manfaat dan khasiat kulit semangka

Kandungan Dan Manfaat Kulit Semangka

Walaupun tidak manis dan serenyah daging semangka, kulit semangka juga masih mengandung sejumlah gizi yang berharga bagi tubuh. Sepotong kulit semangka berukuran 2,5 cm x 2,5 cm diketahui mengandung sekitar 1,8 kalori.

Selain itu, walaupun kandungan nutrisi makro dalam kulit semangka tidak sebanyak dalam daging buahnya, namun satu cangkir porsi kulit semangka dapat memberikan sekitar 2% dari kebutuhan vitamin C harian serta 1% dari kebutuhan vitamin B6 harian. Manfaat kulit semangka diketahui sangat baik bagi kulit, sistem imunitas, dan kesehatan sistem saraf.




Kandungan yang paling luar biasa dalam kulit semangka mungkin adalah senyawa citrulline. Sebuah penelitian mengenai senyawa citrulline yang terdapat dalam kulit semangka pernah dilakukan dan diterbitkan dalam 'Journal of the Science of Food and Agriculture', tahun 2011.

Senyawa ini dikatakan memberikan efek antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Selain itu, dalam tubuh anda citrullin juga dapat diubah menjadi arginin, sebuah asam amino yang sangat penting bagi sistem peredaran darah dan kekebalan tubuh. Inilah alasan mengapa semangka dikatakan dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menyembuhkan impotensi.

Khasiat Kulit Semangka Bagi Kecantikan

Selain untuk mengatasi masalah kesehatan, kulit semangka juga memiliki khasiat bagi kecantikan kulit anda, terutama untuk mengatasi jerawat. Caranya juga sangat sederhana dan mudah sekali. Anda cukup menggosokkan kulit semangka pada bagian kulit wajah atau tubuh yang banyak ditumbuhi jerawat.

Selain berfungsi untuk membersihkan, kandungan yang terdapat dalam kulit semangka juga dapat mencegah kondisi jerawat menjadi semakin parah. Metode sederhana ini dikatakan banyak membantu oleh mereka yang telah mencobanya.

Berikutnya baca:

Yang sebelumnya:

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

7 komentar

Write komentar
30 Januari 2014 18.50 delete

wah bau tau gan kalau kulit semangkan begitu bermanfaat bagi kesehatan, jadi ane kagak buang lagi deh gan

Reply
avatar
30 Januari 2014 19.05 delete

Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk tulisan di blognya gan.

Reply
avatar
31 Mei 2014 22.00 delete

Makasih tips'y gan.....krn barusan suami sy dari Dokter, Dokter hanya menyuruh minum jus kulit semangka untuk mengobati penyakit suami sy....

Reply
avatar
31 Mei 2014 23.48 delete

Terima kasih telah mampir, semoga informasi2 yang disampaikan dalam blog ini dapat memberikan manfaat.

Reply
avatar
26 Juni 2014 19.14 delete

ternyata banyak sekali ya manfaat dan khasiat nya
saya kira itu limbah yang tidak terpakai

Reply
avatar
10 Desember 2014 13.23 delete

kulit semangka juga bisa dibuat jadi selai untuk roti, saya dulu buat itu,
kapan2 saya share yaa :D

makasih share artikel nya mas hendra

Reply
avatar
10 Desember 2014 15.00 delete

Sama2 bos...Salam sukses....

Reply
avatar