Semangka: Makanan Sehat Untuk Jantung

Rasanya manis, mengandung banyak air dan sangat menyegarkan, apalagi jika dikonsumsi saat tengah hari yang panas. Semangka! Siapa yang tidak tau dengan buah yang satu ini, namun apa benar salah satu khasiat buah semangka adalah sebagai makanan sehat untuk jantung?

Mungkin belum banyak dari anda yang mengetahui tentang hal ini. Dalam blog Manfaat Buah ini saya sudah menuliskan beberapa keistimewaan buah untuk jantung yang lebih sehat (ex: atasi denyut jantung tak teratur dengan jus anggur), dan kali ini giliran buah semangka yang akan saya bahas.

Jadi buah ini bukan sekedar sebagai makanan pencuci mulut ataupun campuran dalam es buah, ada banyak manfaat istimewa yang tersimpan di dalamnya.

semangka sebagai makanan sehat bagi jantung

Keistimewaan Buah Semangka Untuk Kesehatan Jantung

Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Salah satu yang akan dibahas saat ini adalah tentang khasiat buah semangka untuk menjaga jantung tetap sehat. Menurut penelitian, mengkonsumsi semangka sangat baik untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Seperti anda ketahui bahwa tekanan darah tinggi dapat memicu terjadinya serangan jantung dan stroke.





Melebarkan Pembuluh Darah

Penelitian yang dilakukan di Florida - Amerika Serikat, telah menemukan sebuah senyawa dalam buah semangka yang mampu untuk membantu melebarkan dan merilekskan pembuluh darah. Hal ini sangat membantu jantung untuk tidak bekerja terlalu keras dalam memompa darah keseluruh tubuh.

Senyawa tersebut disebut dengan citrulline. Dan senyawa ini kandungan terbanyaknya terdapat dalam bagian kulit semangka pada semua jenis buah semangka, khususnya pada semangka yang berwarna kuning.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Dalam penelitian lain di Inggris, para peneliti menggunakan tikus laboratorium sebagai percobaan. Mereka memberikan makanan berkolesterol tinggi pada beberapa ekor tikus. Lalu sebagian dari tikus tersebut diberi asupan jus semangka setiap hari.

Hasilnya, tikus-tikus yang mendapatkan asupan jus semangka mengalami penurunan jumlah kolesterol jahat yang cukup signifikan pada darah mereka. Tikus-tikus tersebut juga terlihat lebih aktif dan sehat daripada tikus yang tidak diberi jus semangka.

Dari hasil penelitian tersebut para peneliti menarik kesimpulan bahwa hal ini juga berlaku untuk manusia. Kadar kolesterol yang tinggi adalah salah satu penyebab terjadinya serangan jantung. Dan karena makanan sehat ini dapat membantu menurunkan kolesterol, maka secara otomatis prosentase kesehatan jantung anda juga semakin meningkat.

Konsumsilah semangka hingga ke bagian putihnya, karena kadar citrulline yang tertinggi terdapat di bagian tersebut.

Berikutnya baca:

Yang sebelumnya:

Di-Update pada 23 Februari 2015

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
7 Maret 2013 12.29 delete

Mas Hendra Wibowo . Info yg sangat bermanfaan .

Reply
avatar