Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Manfaat Buah Manggis Yang Sebenarnya

Manggis adalah buah tropis yang asli berasal dari Indonesia. Buah yang mempunyai nama ilmiah Garcinia Mangostana ini pertama kali didomestikasi di Thailand dan Burma. Selama ratusan tahun para ahli pengobatan herbal di Asia sudah menggunakan dan mempercayai khasiat buah manggis untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Julukannya yang sebagai "ratu buah" mungkin sudah cukup menggambarkan kehebatan buah yang mempunyai kulit berwarna ungu gelap ini. Para ahli di seluruh dunia masih terus mempelajari tentang khasiat yang terkandung didalam buah ini, khususnya yang berhubungan dengan efek kesehatan. Berdasarkan hasil uji laboratorium sementara yang telah dilakukan, berikut ini adalah manfaat buah manggis yang sebenarnya:

manfaat buah manggis yang sebenarnya

Buah Manggis Bermanfaat Sebagai Antibakteri

Berdasarkan laporan para peneliti, senyawa alpha mangostin (kimia aktif yang ditemukan pada kulit pohon manggis) diketahui dapat mencegah penyebaran infeksi yang diakibatkan oleh bakteri yang kebal terhadap antibiotik konvensional. Sebuah tim peneliti kesehatan di Jepang mengatakan jika senyawa ini sangat aktif dalam melawan bakteri Staphylococcus Aureus yang kebal terhadap methicillin dan bakteri Enterococci yang kebal terhadap vankomicin.

Berdasarkan hasil temuan ini, para peneliti menyimpulkan jika senyawa yang terdapat dalam manggis ini dapat dijadikan obat di masa mendatang untuk mengatasi infeksi yang diakibatkan oleh bakteri-bakteri yang kebal terhadap antibiotik umum. Selain itu, alpha mangostin juga diketahui dapat bekerja secara beriringan dengan obat antibiotik komersial seperti gentamicin, minocycline, dan ampicillin.


Buah Manggis Berfungsi Sebagai Anti Jerawat

Masih berhubungan dengan senyawa alpha mangostin dan fungsinya sebagai antibakteri. Tim peneliti dari Thailand mencoba untuk meneliti efektifitas senyawa alpha mangostin terhadap bakteri jerawat. Kali ini senyawa tersebut didapatkan dengan cara mengekstraksi buah manggis. Mereka berusaha menemukan metode ekstraksi yang paling tepat untuk mendapatkan bentuk senyawa alpha mangostin yang paling potensial. Setelah serangkaian ujicoba, akhirnya pada tahun 2010, para peneliti di Thailand ini melaporkan bahwa alpha mangostin yang didapatkan dengan cara ekstraksi menggunakan diklorometana adalah yang paling kuat dalam melawan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, metode ini juga menghasilkan jumlah senyawa alpha mangostin terbanyak dibandingkan metode yang lain.

Baca juga:

Buah Manggis Bermanfaat Sebagai Anti Karsinogenik

Kali ini tentang kandungan lain pada buah manggis. Para peneliti di Universitas Putra Jaya Malaysia mencoba meneliti kandungan senyawa xhantone yang diekstraksi dari batang dan akar manggis. Xanthone adalah senyawa biologis aktif yang memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat. Senyawa ini diketahui sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker (lihat Manfaat Buah Manggis Untuk Kanker). Selain untuk meneliti khasiat xanthone, para peneliti di Malaysia ini juga ingin mendapatkan metode terbaik dalam mengekstraksi untuk mendapatkan xanthone yang paling potensial sebagai anti karsinogenik. Sebagai catatan, kandungan xanthone tertinggi ditemukan dalam kulit buah ini (lihat Manfaat Kulit Buah Manggis).

Khasiat Buah Manggis Lainnya

Para peneliti-peneliti lainnya juga berhasil mengidentifikasikan khasiat buah ini dalam mengatasi berbagai macam masalah kesehatan (lihat artikel utama Manfaat Buah Manggis). Senyawa tannin yang juga ditemukan dalam kulit manggis diketahui dapat mengencangkan kulit dan selaput lendir jika dioleskan secara langsung. Senyawa xanthone selain ampuh untuk mencegah dan mengatasi kanker, ternyata juga menunjukkan efek antihistamin dan anti-inflamasi, sehingga bermanfaat untuk mengobati alergi. Xanthone juga diketahui bermanfaat bagi kesehatan jantung karena dapat mencegah LDL (kolesterol jahat) menumpuk di pembuluh arteri. Kulit manggis juga dapat dikeringkan atau diolah menjadi ekstrak kulit manggis dan dijadikan sebagai teh. Teh manggis selain mengandung xanthone, juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan dan penyakit diare.

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

2 komentar

Write komentar
11 Juli 2013 16.03 delete

Infonya bagus nih buat nambah pengetahuan. makasih gan

Reply
avatar
9 Agustus 2013 23.31 delete

Penjelasannya bagus sekali.
Ternyata manfaatnya sangat banyak tidak seerti yang diketahui banyak orang

Reply
avatar