Manfaat Kulit Manggis: Sumber Xanthone Tertinggi

Beberapa tahun lalu, saat belum banyak informasi yang membahas hebatnya manfaat kulit manggis, orang-orang selalu membuangnya begitu saja setiap kali mengkonsumsi buah manggis. Rasanya yang sepat membuat banyak orang beranggapan jika kulit manggis bukan untuk dikonsumsi. Tapi saat ini ceritanya sudah berbeda sama sekali, bahkan sudah banyak produsen yang mengeluarkan produk jus kulit manggis sebagai minuman kesehatan.

Manggis adalah buah yang dipercaya asli berasal dari kepulauan di Nusantara, dan pertama kali didomestikasi serta dibudidayakan di Thailand dan Burma. Buah yang mendapat predikat sebagai 'Ratu Buah' ini memang terkenal mempunyai banyak sekali manfaat kesehatan dan kecantikan, seperti yang telah saya bahas dalam artikel manfaat buah manggis. Namun rupanya tidak cukup sampai disitu, karena khasiat kulit manggis juga tidak kalah hebatnya, malah mungkin jauh lebih bermanfaat.

manfaat kulit manggis yang luar biasa

Buah manggis mengandung banyak vitamin dan mineral penting yang sangat bermanfaat. Salah satu senyawa hebat yang terkandung dalam buah manggis adalah xanthone. Dan kandungan xanthone tertinggi justru terdapat pada bagian dalam kulit buah manggis. Karena itu, khasiat kulit buah manggis ini banyak sekali diteliti oleh para ahli di seluruh dunia. Topik inilah yang akan dibahas lebih jauh dalam artikel kali ini.


Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Mengatasi Penyakit Berbahaya

Kandungan xanthone dalam kulit buah manggis diketahui sebagai yang tertinggi diantara jenis buah yang lainnya. Xanthone sendiri adalah zat kimia alami yang merupakan antioksidan yang sangat kuat dan bermanfaat untuk mengatasi beberapa penyakit berat. Dikatakan bahwa mengkonsumsi kulit manggis sangat baik dalam pengobatan beberapa penyakit kanker, seperti kanker paru-paru, hati, payudara, darah, dan usus besar.

Selain itu, kulit buah manggis juga diketahui bermanfaat untuk mencegah dan mengobati penyakit jantung. Kandungan xanthone dalam kulit buah manggis dapat mengembalikan elastisitas pembuluh darah. Aliran darah yang lancar membuat tekanan darah menjadi turun dan stabil. Ini sangat baik untuk kesehatan jantung karena tidak perlu terlalu bekerja keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Khasiat Kulit Buah Manggis Lainnya

Sebagai antioksidan yang kuat, xanthone sangat berkhasiat untuk melawan radikal bebas. Hal ini akan membuat sel-sel dalam tubuh menjadi lebih sehat. Sangat berguna untuk mencegah terjadinya penuaan dini dan membuat kulit menjadi lebih halus dan elastis. Selain itu, zat ini juga dapat dengan cepat merubah zat makanan menjadi energi, sehingga sangat baik untuk program penurunan berat badan dan mengatasi kegemukan.

Untuk mendapatkan manfaat xanthone dalam kulit manggis, maka disarankan agar anda mengkonsumsinya dalam bentuk jus. Cara membuat jus kulit manggis adalah dengan mengerok bagian dalam pada kulit manggis, campurkan dengan isi buahnya, lalu blender secara bersamaan. Cara lain dalam mengolah kulit manggis adalah dengan mengekstraksinya, dapat juga dengan jalan menjemurnya. Kapan saja anda merasa butuh, anda tinggal merebus atau menyeduhnya dengan air panas. Campuran madu dapat ditambahkan untuk meningkatkan manfaat dari kulit manggis.

Berikutnya baca:
Yang sebelumnya:


Di-Update pada 22 Februari 2015

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
9 Juni 2015 14.14 delete

buah tropis yang kaya manfaat..
terimakasih banyak infonya..

Reply
avatar