10 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Pisang adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi oleh sebagian besar orang di dunia. Khususnya di Indonesia, ada banyak sekali aneka olahan makanan yang menggunakan bahan dasar buah pisang. Ini tentu tidak aneh, karena buah pisang memang disukai oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Dalam blog Manfaat Buah ini juga sudah cukup banyak informasi yang diberikan tentang manfaat buah pisang. Kali ini, kembali saya ingin menginformasikan tentang 10 manfaat buah pisang untuk kesehatan, ini berdasarkan kandungan nutrisi di dalamnya.

10 manfaat buah pisang untuk kesehatan

Khasiat Pisang Berdasarkan Kandungannya

  • Kandungan Buah Pisang Kelompok 1
Kalori
Dengan mengkonsumsi buah pisang, anda tetap dapat melakukan kebiasaan menyemil tanpa takut merusak pola diet anda. Satu buah pisang ukuran sedang diketahui hanya mengandung sekitar 110 kalori.

Karbohidrat
Tubuh memerlukan karbohidrat sebagai sumber energi utama. Mengkonsumsi 1 buah pisang setelah sarapan dapat memberikan anda energi yang sempurna untuk memulai hari. Selain itu, pisang juga dapat dengan cepat mengganti energi tubuh yang hilang setelah berolah raga.
Baca: Buah-Buahan Yang Membuat Anda Bertenaga

Serat
Berdasarkan data nutrisinya, 1 buah pisang ukuran sedang diketahui mengandung sekitar 3 gr serat. Fungsi serat bagi tubuh adalah untuk melancarkan proses pencernaan dan dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama.

Lemak dan Kolesterol
Secara alami, buah pisang diketahui tidak mengandung lemak dan kolesterol. Jadi anda tidak perlu merasa kuatir saat mengkonsumsinya.


  • Kandungan Buah Pisang Kelompok 2
Vitamin C
Seperti buah-buahan yang lain, buah pisang juga mengandung vitamin C. Satu buah pisang ukuran sedang mengandung sekitar 10 mg viamin C atau setara dengan 15% dari kebutuhan harian yang disarankan. Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan kesehatan sel, membantu penyerapan nutrisi pada makanan, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin B6
Mungkin ini informasi yang cukup menggembirakan jika buah pisang diketahui sebagai sumber vitamin B6 yang baik. Biasanya kelompok vitamin B didapatkan dari makanan yang berasal dari hewan. Satu buah pisang ukuran sedang mencukupi 35% kebutuhan harian akan vitamin B6 (piridoksin). Fungsinya adalah untuk membantu pertumbuhan sel-sel baru.

  • Kandungan Buah Pisang Kelompok 3
Kalium
Buah pisang adalah sumber kalium yang tinggi. Satu buah ukuran sedang diketahui mengandung sekitar 400 mg kalium. Kalium sangat diperlukan oleh tubuh untuk mengatur sistem saraf, menjaga kerja otot, serta menjaga kesehatan dan keseimbangan cairan pada tubuh.

Mangan
Satu buah pisang ukuran sedang mengandung sekitar 0,3 mg mangan. Kebutuhan mangan harian yang dibutuhkan oleh tubuh adalah antara 1,8 mg hingga 2,3 mg. Fungsi mangan adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan membantu proses metabolisme.

  • Manfaat Buah Pisang Kelompok 4
Mudah Dicerna
Buah pisang sangat mudah untuk dicerna. Ketika anda sedang sakit atau sedang mengalami masalah pencernaan, buah pisang sangat baik sebagai pilihan untuk menutrisi tubuh anda. Pisang yang dihaluskan juga sudah umum diberikan kepada bayi sebagai makanan padat pertama kali.
Baca juga:
Manfaat Buah Alpukat Untuk Bayi
Resep Apel Panggang Untuk Bayi

Kandungan Nutrisi Lain
Selain semua data yang telah disampaikan diatas, buah pisang juga diketahui mengandung sejumlah kecil vitamin dan mineral lain yang juga dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin dan mineral tersebut antara lain adalah vitamin A, E, kolin, folat, karoten, magnesium, kalsium, zat besi, dan fosfor.

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

5 komentar

Write komentar
21 Juli 2013 18.57 delete

ternyata buah pisang selain enak untuk dimakan juga banyak manfaatnya yah mas, makasih nih udah share :)

Reply
avatar
Anonim
20 Agustus 2013 19.48 delete

thank you very much for the information, may be useful for me personaly and all who read it

Reply
avatar
31 Agustus 2013 09.49 delete

ane suka pisang klw diiris tipis terus digoreng kering,,bisa abis satu toples ngemil tuh pisang :)

Reply
avatar
7 Mei 2014 10.24 delete

Infonya sangat bagus.... tapi ada satu pertanyaan nih... untuk kesehatan sy yang gulanya tinggi, jemis pisang apa yg terbagus ya..?
Terima kasih banyak..

Reply
avatar
28 Mei 2014 23.55 delete

Terima kasih atas artikelnya, dengan membaca artikel di atas saya jadi mengerti baik tentang pengertiannya maupun tentang pemahaman arah dan tujuannya.

Reply
avatar