Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Manfaat Buah Alpukat Untuk Bayi

manfaat buah alpukat untuk bayi
Tekstur buah alpukat yang lembut membuat buah ini merupakan salah satu makanan pertama yang sangat baik untuk bayi. Tidak hanya karena teksturnya saja, tapi juga karena kandungan lemak baik dan nutrisinya yang sangat tinggi.

Manfaat buah alpukat untuk bayi sudah cukup banyak diakui oleh mereka yang memang telah mencobanya. Pada artikel sebelumnya saya juga telah menjelaskan segala khasiat yang terkandung dalam buah ini bagi ibu hamil.

Buah alpukat dikatakan sebagai salah satu makanan sempurna yang telah disediakan oleh alam. Hal ini karena semua nutrisi penting yang dibutuhkan oleh manusia untuk hidup terdapat di dalamnya.

Kandungan lemak baik yang tinggi dalam buah alpukat merupakan makanan yang sangat baik untuk menunjang perkembangan fisik dan otak bayi.

Selain itu, buah alpukat bebas dari kandungan sodium dan kolesterol. Konsumsi buah alpukat akan memenuhi 8% kebutuhan harian akan folat, 4% kebutuhan harian akan serat, kalium dan vitamin E, serta 2% kebutuhan harian akan zat besi.

Buah alpukat juga menyumbangkan karotenoid dan beta-karoten, yang kesemuanya itu sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf pusat dan otak pada bayi.





Kapan Memberikan Buah Alpukat Untuk Bayi?

Bayi membutuhkan karbohidrat, protein, dan lemak selama masa pertumbuhan pentingnya, yaitu pada awal tahun pertama hingga tahun kedua. Karena itu, buah alpukat dapat diberikan kepada bayi sedini mungkin.

Anda dapat mencobanya ketika bayi sudah memasuki usia 4 - 6 bulan. Buah lain yang dapat dicampurkan dengan alpukat adalah buah apel, pir, atau pisang. Atau anda dapat juga mencampurnya dengan plain yogurt.

bubur buah alpukat untuk bayi

Fakta tentang buah alpukat yang tinggi akan kandungan lemak bukanlah suatu hal yang perlu dikhawatirkan. Lagipula, lemak yang terkandung dalam buah alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal. Ini adalah jenis lemak baik yang akan menunjang pertumbuhan bayi.

Namun jika anda masih ragu, silahkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter anak langganan anda. Sejauh ini, manfaat memberikan alpukat untuk bayi diketahui jauh lebih besar daripada kemungkinan resiko yang ada padanya.

Catatan:
  • Buah alpukat telah dikaitkan dengan masalah alergi latex dan kulit sensitif. Jadi jika bayi anda mempunyai riwayat alergi ini ataupun kulit yang terlalu sensitif, jangan berikan buah alpukat atau konsultasikan dulu dengan dokter anak langganan anda. (baca Alergi Buah Yang Umum)
Berikutnya baca:

Sebelumnya:
Manfaat Makan Buah Alpukat Selama Kehamilan

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »