Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

RI Berpeluang Menjadi Pemasok Buah Tropis Terbesar

Jakarta – Selama ini Indonesia dikenal sebagai produsen kelapa sawit terbesar di dunia. Namun dikatakan hal ini juga bisa terjadi untuk komoditas buah-buahan tropis yang kita miliki seperti pisang, manggis, mangga, salak dan yang lainnya.

"Mungkin, why not. Sangat mungkin. Kita punya lahan yang luas. Kita punya sumberdaya genetik yang sangat beragam," kata Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (PPHP) Kementerian Pertanian, Yusni Emilia Harahap kepada detikFinance di Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (13/5/2014).

aneka buah tropis dari Indonesia

Emilia mengatakan bahwa Indonesia memiliki banyak sekali buah-buahan tropis eksotis, seperti misalnya salak, manggis, durian, nanas, pisang hingga buah pepaya. "Tadi yang disebut termasuk buah komoditi unggulan kita. Tinggal sekarang keberlanjutan, kuantitas, kualitas kita pelihara. Kita nggak bisa menyanggupi besaran pasokan kemudian pasokan berikutnya tersendat. Itu harus disiapkan kebun buah kita," katanya menjelaskan.


Saat ini Indonesia sudah mulai mengarah ke model perkebunan buah modern. Dan sebagai tambahan informasi, ternyata produk buah asal Indonesia sudah dijual ke beberapa negara tetangga, seperti Singapura, Jepang, Australia, Selandia Baru, bahkan hingga ke Timur Tengah.

"Jepang, Australia, Selandia Baru, Timur Tengah, dan Eropa kita pemasok," kata Emilia.

Untuk dapat menjadi produsen buah-buahan tropis terbesar di dunia, Emilia mengaku jika Indonesia haruslah bekerja lebih keras. Mulai dari menciptakan lahan baru, menarik investor, hingga membuat lembaga pengembangan buah.

"Kita sudah perkuat dengan sistem jaminan mutu. Packaging house sehingga betul-betul bisa memenuhi standar dari negara tujuan ekspor. Tetapi kadang-kadang ada masalah. Itu biasa. Yang kita hadapi waktu ekspor perdana manggis ke Selandia Baru. Ternyata ditemukan sejenis serangga," pungkasnya.
Sumber : detikFinance


Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »