Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Manfaat Manggis Untuk Kesehatan

Manggis adalah tumbuhan tropis yang dipercaya asli berasal dari kepulauan di Indonesia. Pohon yang mempunyai nama ilmiah garcinia mangostana ini dapat tumbuh hingga setinggi 25 meter. Saat ini manggis banyak dibudidayakan di negara-negara tetangga Indonesia seperti Thailand dan Burma. Keterangan lebih mendetail tentang sejarah manggis dapat dilihat di artikel umum manfaat buah mangis. Berdasarkan penelitian ilmiah yang telah dilakukan, buah manggis diketahui memiliki kandungan antioksidan yang luar biasa, karena itu tidak heran jika banyak perusahan besar berskala internasional yang mengolah buah ini menjadi produk suplemen. Mari kita membahas lebih jauh mengenai manfaat manggis bagi kesehatan.

manfaat buah manggis bagi kesehatan

Kandungan Xanthone dan Antioksidan Buah Manggis

Kulit buah manggis diketahui sebagai sumber senyawa xhantone yang sangat tinggi, yaitu sebuah fitonutrien yang dipercaya sangat ampuh untuk meningkatkan fungsi kesehatan tubuh seperti fungsi usus, pernafasan, dan kekebalan tubuh. Berdasarkan sebuah riset yang dilakukan oleh Gifu International Institute of Biotechnology, enam dari beberapa senyawa xanthone yang terdapat dalam kulit manggis diketahui mempunyai peranan dalam menghambat pertumbuhan garis sel leukemia HL60. Dan ini masih dilengkapi lagi oleh kandungan alpha-mangosteen xanthone-nya.

Selain itu, buah manggis juga merupakan sumber polifenol yang tinggi. Polifenol adalah jenis antioksidan yang sangat kuat, yaitu 10 kali lebih kuat dari vitamin C dan 100 kali lebih kuat dari gabungan vitamin E dan karotenoid dalam hal sifat antioksidan mereka. Ini tentu membuat buah manggis sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal efek buruk dari radikal bebas yang menyebabkan banyak penyakit dan berbagai jenis kanker.


Buah Manggis Sebagai Anti Radang dan Penggunaannya Dalam Pengobatan Tradisional

Berdasarkan beberapa uji laboratorium yang telah dilakukan, buah manggis diketahui memiliki efek sebagai anti-inflamasi. Walaupun ujicoba baru dilakukan pada hewan, namun efek anti peradangan ini diyakini akan efektif juga bila diterapkan pada manusia. Berdasarkan hal itu, buah manggis diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif dalam mengobati masalah arthtritis (radang sendi) di waktu yang akan datang.

Berdasarkan beberapa catatan yang ada, buah manggis diketahui sudah sejak lama digunakan dalam pengobatan tradisional oleh masyarakat Asia Tenggara dan Cina. Kulit buah manggis dapat direbus dalam air selama 25 - 30 menit untuk membuat jamu yang digunakan sebagai obat diare dan sistitis pada anak-anak dan orang dewasa. Kulit buah manggis juga dapat dikeringkan dan digiling menjadi bubuk untuk mengobati disentri. Lebih lanjut, kulit buah manggis dapat direndam dalam minyak zaitun ataupun minyak almond untuk membuat salep yang dapat mengurangi eksim dan berbagai ruam kulit. Sebagai tambahan informasi, pilihlah buah manggis yang baik dan tidak terdapat getah kuning dalam daging buahnya.

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »