Amankah Buah Pepaya Bagi Ibu Hamil?

Ibu-ibu yang sedang hamil muda seringkali diingatkan agar tidak mengkonsumsi buah pepaya. Alasannya adalah karena buah pepaya bisa memicu terjadinya keguguran. Namun apakah hal ini benar adanya? Deepshikha Agarwal, seorang Ahli Diet dan Nutrisi Olahraga, mengatakan bahwa idealnya ibu hamil harus makan lima porsi buah per-harinya selama kehamilan.

"Apakah itu makanan yang kaya antioksidan seperti buah melon, stroberi, anggur, dan jeruk yang kaya Vitamin C yang membantu dalam penyerapan zat besi dan apel yang bisa membantu meringankan sembelit pada ibu hamil," kata Deepshika.

amankah ibu hamil mengkonsumsi buah pepaya?

Sementara itu, Debjani Arora yang merupakan editor dari Health.India mengatakan bahwa buah pepaya yang sudah matang cukup aman bagi ibu hamil, dikutip Jum’at (16/5/2014). Buah pepaya matang adalah sumber akan vitamin C dan E, juga memiliki kandungan serat dan asam folat. "Makan pepaya selama kehamilan aman asalkan benar-benar matang," kata Arora.


Arora menambahkan bahwa yang harus dihindari oleh ibu hamil adalah mengkonsumsi buah pepaya muda (mengkal), dalam bentuk apapun. Buah pepaya yang masih muda mengandung zat lateks yang sangat berbahaya bagi kehamilan, jadi memang harus dihindari ibu hamil. "Jadi sebaiknya jauhi pepaya mentah, bahkan yang semi matang selama kehamilan. Selain itu, maka aman apabila buah pepaya sepenuhnya sudah matang selama kehamilan, tapi tetap harus dimoderasi," imbuhnya.

Senada dengan yang dijelaskan tadi, Situs WebMD juga mengungkapkan, bahwa mengkonsumsi buah pepaya muda harus  dihindari oleh wanita yang sedang menginginkan kehamilan atau berusaha untuk hamil. Pepaya muda mengandung zat lateks yang bisa menyebabkan terjdinya kontraksi rahim. Penelitian menunjukkan bahwa lateks dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan kontraksi uterus pada wanita. Hal ini juga bisa mengakibatkan keguguran.

Enzim pepaya yang disebut dengan papain atau sayuran pepsin memang dapat membantu menenangkan pencernaan. Dan enzim ini ditemukan pada lateks buah pepaya. Getah pepaya sendiri dapat bertindak layaknya prostaglandin dan oksitosin, obat yang umum dipakai untuk memulai atau memperkuat kontraksi persalinan.

Sementara pada buah pepaya matang, walaupun tidak dianggap sebagai masalah, namun belum diketahui secara pasti apakah buah pepaya benar-benar aman untuk dikonsumsi selama kehamilan.
Sumber: liputan6.com


Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »