Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil

manfaat buah alpukat untuk ibu hamil
Banyak dokter kandungan yang menyarankan buah ini sebagai camilan bagi ibu hamil. Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil diketahui cukup banyak dan telah teruji secara ilmiah.

Walaupun dalam artikel utama tentang buah alpukat dijelaskan bahwa buah yang berasal dari Meksiko ini lebih banyak dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan, namun ternyata alpukat juga sangat baik sebagai makanan kehamilan.

Kandungan asam folat pada buah alpukat terbilang tinggi. Mengkonsumsi 1 buah alpukat berukuran sedang memberikan 114 mg  (30 %) dari kebutuhan harian tubuh akan asam folat.

Fungsi asam folat sendiri adalah untuk membantu perkembangan otak dan tulang belakang pada janin. Ini dapat mencegah bayi lahir dalam keadaan cacat. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks (B6) dalam buah alpukat sangat baik untuk mengatur sistem saraf pada ibu hamil. Kecukupan akan vitamin ini dapat mencegah rasa mual-mual yang berlebihan pada trimester pertama kehamilan.

Buah alpukat juga merupakan sumber kalium yang sangat baik. Setengah buah alpukat ukuran sedang menyumbang sekitar 540 mg kalium bagi tubuh atau 15 % lebih tinggi dibandingkan buah pisang. Maka bisa dikatakan bahwa manfaat alpukat untuk ibu hamil jauh lebih baik jika dibandingkan buah tersebut.

Fungsi kalium adalah untuk menurunkan tekanan darah dan menstabilkan debar jantung yang biasanya dialami oleh ibu hamil. Selain itu, kalium juga membantu pembentukan sistem saraf pada janin dan melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas.





Alpukat termasuk buah dengan kandungan lemak yang tinggi. Namun lemak yang terkandung dalam buah alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal atau biasa disebut dengan omega-9. Dalam tubuh, omega-9 berfungsi untuk menurunkan kelebihan kolesterol jahat (LDL) secara aktif.

Bersamaan dengan kandungan seratnya yang tinggi, kolesterol jahat akan diserap dan dibuang bersama kotoran. Untuk diketahui, 1 buah alpukat ukuran sedang mengandung 10 gr serat (40 %) dari jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari. Jadi konsumsi buah alpukat juga dapat mengatasi masalah BAB yang biasa dialami oleh ibu hamil.

Khasiat Tambahan Alpukat Bagi Ibu Hamil


khasiat alpukat untuk kehamilan

Syarat buah yang baik untuk ibu hamil berikutnya adalah kandungan vitamin A, E, dan klorofil dalam buah alpukat. Kombinasi dari ketiga senyawa ini sangat baik untuk menjaga kekenyalan kulit, dan bisa mengurangi munculnya stretch mark.

Kandungan zat besi dan tembaga pada buah alpukat juga akan membantu pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia. Ini akan menjaga kondisi ibu hamil untuk tetap fit sepanjang hari. Sedangkan kombinasi antara magnesium dan kalsium pada buah alpukat akan membuat tulang ibu hamil tetap kuat.

Itulah tadi segala penjelasan yang dapat blog Manfaat Buah berikan mengenai berbagai keistimewaan buah alpukat bagi ibu hamil. Buah ini memang sangat pantas untuk ada dalam daftar menu makan sehari-hari ibu-ibu yang sedang mengandung. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat buat para bunda sekalian!

Berikutnya baca:

Sebelumnya:
Manfaat Buah Alpukat: Rahasia Cantik dan Sehat Alami

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
4 Juni 2015 12.32 delete

Selain bisa mencegah timbulnya strectch mark alpukat juga bisa membantu pembentukan sel darah merah sehingga bisa mencegah anemia. Infonya bermanfaat terima kasih :)

Bahaya Radiasi Bagi Ibu Hamil

Reply
avatar