Manfaat Buah Kiwi Untuk Ibu Hamil

Fakta tentang manfaat buah kiwi untuk ibu hamil mungkin akan sedikit mengagetkan dan membuat anda takjub. Seperti yang telah dijelaskan dalam artikel utama tentang manfaat dari buah kiwi, buah yang mempunyai tampilan sedikit aneh ini sangat kaya akan nutrisi, vitamin, dan mineral.

Saat hamil, wanita membutuhkan lebih banyak asupan zat gizi. Hal ini untuk menjaga kesehatan sang ibu, sekaligus untuk menjamin pertumbuhan janin dalam kandungan dapat optimal dan sehat. Dan diantara beberapa jenis buah yang disarankan, buah kiwi adalah yang sangat disarankan oleh banyak ahli kesehatan dan dokter kandungan.

semua manfaat buah kiwi untuk ibu hamil

Manfaat Makan Buah Kiwi Bagi Ibu Hamil

Sumber Asam Folat Terbaik

Asam folat (B9) adalah vitamin yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Fungsi asam folat adalah untuk membantu pengembangan otak dan pengaturan sistem saraf pusat pada janin. Kekurangan asam folat selama kehamilan membuat resiko bayi lahir cacat menjadi meningkat. Kebutuhan akan asam folat ini sangat penting khususnya pada saat timester pertama. Karena pada saat inilah otak, tulang belakang, dan sistem saraf pusat pada janin mulai terbentuk.

Dan walaupun asam folat juga banyak terdapat dalam brokoli atau sayuran hijau lainnya, pemrosesan yang dilakukan dengan memasak dapat merusak kandungannya. Karena itu, mengkonsumsi buah kiwi merupakan salah satu cara terbaik. Asam folat yang terkandung dalam buah kiwi cukup tinggi. Selain sangat baik untuk pertumbuhan janin, asam folat juga membantu dalam memberikan energi bagi ibu hamil.

Sumber Zat Besi dan Kalsium

Zat besi dan kalsium adalah dua mineral penting yang juga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Kecukupan akan zat besi akan mengatasi rasa kelelahan yang biasanya dialami oleh wanita hamil. Zat besi membuat produksi sel darah merah dalam tubuh menjadi stabil. Sedangkan fungsi kalsium adalah untuk pembentukan tulang, otot, dan jantung pada janin. Jika asupan kalsium anda kurang, janin akan mengisap kalsium dari tulang anda, ini tentunya akan melemahkan tulang anda.

Diketahui buah kiwi dapat menyediakan sekitar 5% dari kebutuhan kalsium ibu hamil. Namun walaupun tidak terlalu tinggi, buah kiwi juga mengandung magnesium dalam jumlah yang cukup signifikan. Magnesium dapat membantu dalam penyerapan kalsium yang anda dapatkan dari susu atau produk susu yang memang rendah akan kandungan magnesium.

Khasiat Lain Buah Kiwi Untuk Ibu Hamil

Kandungan vitamin buah kiwi bisa dikatakan sebagai yang tertinggi dibandingkan buah-buahan yang lain. Karena itu, menjadikan buah kiwi sebagai camilan adalah hal yang sangat baik untuk dilakukan oleh ibu hamil. Konsumsi 2 buah kiwi setiap hari akan memberikan asupan karbohidrat, vitamin, dan mineral dalam jumlah yang cukup signifikan bagi ibu hamil.

Selain itu, kiwi ternyata juga mengandung banyak sekali enzim pencernaan yang sangat bermanfaat. Ini akan mengatasi masalah pada organ pencernaan dan membuat penyerapan nutrisi dari makanan menjadi lebih optimal. Serat yang terkandung dalam buah kiwi juga bermanfaat untuk mengatasi masalah BAB yang sering dialami oleh ibu hamil.

Berikutnya baca:

Sebelumnya:

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

6 komentar

Write komentar
17 April 2013 06.42 delete

mantap gan infonya thanks udah ngeshare membantu bagi para bloger awal seperti ane :) sundul 2

Reply
avatar
8 Juli 2013 20.34 delete

Makasih banyak mas gan infonya, artikelnya bagus dan selain itu juga bermanfaat buat pembaca seperti saya :D

Reply
avatar
27 September 2013 21.16 delete

Menarik artikelnya gan. cukup bermanfaat menambah pengetahuan. salm kenal ya

Reply
avatar
30 Januari 2014 19.28 delete

Semoga bermanfaat bagi para pembaca!

Reply
avatar
16 Juli 2014 01.08 delete

buah kiwi mmg sedap. boleh buat jus. walaupun kecil tapi mempunyai khasiat yg sangat banyak

Reply
avatar
6 Februari 2015 20.16 delete

Sayangnya buah kiwi masih mahal , coba di Indonesia sudah bisa dikembangin sendiri, pasti lebih murah deh
BTW, thanks infonya

Reply
avatar