[Khusus Wanita] Rahasia "Jalan Pintas" untuk Mudah Mendapatkan Jodoh dan Memikat Pria Idaman

Selengkapnya >> Klik DISINI

Alergi Buah Yang Umum Terjadi

Alergi makanan biasanya disebabkan oleh tubuh yang memproduksi antibodi imunoglobulin E atau biasa disingkat IgE terhadap makanan tertentu. Ini adalah reaksi dari sistem kekebalan tubuh yang muncul setelah anda mengkonsumsi jenis-jenis makanan tertentu (termasuk buah-buahan). Dan bahkan hanya jejak kecil dari sebuah makanan juga dapat memicu munculnya tanda dan gejala reaksi seperti gatal-gatal, masalah pencernaan, pembengkakan pada saluran nafas, hingga terjadinya anafilaksis pada kasus yang parah. Pengobatan paling umum adalah dengan menghindari makanan yang memicu alergi serta penggunaan antihistamin. Lalu apa saja alergi buah yang umum terjadi dan bisa menyerang sebagian orang?

alergi buah yang umum

Alergi Buah Stroberi

Gejala dari reaksi alergi terhadap stoberi meliputi gejala reaksi oral seperti pembengkakan pada mulut, gusi, lidah, langit-langit mulut, bagian dalam pipi, dan tenggorokan. Zat alergen (penyebab alergi) pada buah stroberi biasanya mirip dengan alergen yang ditemukan pada serbuk sari tanaman birch. Dan memasak buah stroberi tidak akan mengurangi atau menghilangkan zat alergen dalam buah ini. Jadi bagi anda yang memiliki alergi terhadap stroberi, anda harus menghindari semua makanan dan minuman yang diolah dari buah ini.


Alergi Buah Kiwi

Sama seperti buah stroberi, buah kiwi mengandung zat alergen yang mirip dengan serbuk sari birch. Biasanya gejala alergi buah kiwi pada orang dewasa hanya bersifat ringan dan tidak terlalu mengkhawatirkan, namun pada anak-anak gejalanya bisa menjadi parah. Mereka yang memiliki alergi terhadap buah kiwi harus menghindari mengkonsumsi buah maupun jus yang berbahan dasar buah ini.

Alergi Buah Tomat

Reaksi alergi tomat dapat menyebabkan rasa kesemutan pada bibir maupun mulut serta ruam kulit yang merah dan gatal. Kebanyakan orang yang memiliki alergi terhadap tomat juga akan mempunyai alergi yang sama terhadap kentang, terong, dan paprika. Namun biasanya banyak orang yang memiliki alergi terhadap tomat dapat mentolerir tomat yang sudah dimasak, walaupun mereka tidak dapat mentolerir protein IgE pada tomat mentah.

Alergi Buah Jeruk

Alergi buah jeruk biasanya sangat jarang terjadi dan memiliki gejala yang ringan. Gejala-gejala yang muncul dapat berupa ruam pada kulit dan sariawan kecil di mulut. Mereka yang memiliki alergi terhadap buah jeruk seringkali disarankan untuk menghindari juga buah nanas, plum, dan melon. Jus buah yang menggunakan buah-buahan tadi juga harus dihindari.

Alergi Buah Pisang

Alergi buah pisang sangatlah tidak umum. Beberapa orang bisa jadi mengalami intoleransi terhadap protein yang terdapat dalam buah pisang, namun ini bukanlah reaksi alergi. Mereka yang memiliki intoleransi terhadap buah pisang mungkin juga akan mengalami hal yang sama terhadap buah kiwi dan alpukat, karena protein kitinase juga ada dalam kedua buah tersebut.

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »