Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Alergi Saus Tomat Pada Anak-Anak

Pada artikel-artikel sebelumnya Manfaat Buah sudah menyampaikan tentang berbagai manfaat buah tomat, baik itu untuk kesehatan maupun perawatan kecantikan. Secara kandungan nutrisi (lihat Kandungan Nutrisi Pada Buah Tomat), buah yang dimasukkan kedalam kelompok sayuran ini juga terbilang cukup istimewa. Dan walaupun secara umum buah tomat aman untuk dikonsumsi siapa saja, namun ada sekelompok kecil orang yang rupanya mempunyai reaksi alergi terhadap buah ini. Reaksi alergi terhadap tomat ini terutama pada tomat yang telah diolah / dimasak seperti saus tomat.

reaksi alergi saus tomat pada anak-anak

Secara ilmu botani, tomat termasuk dalam keluarga tanaman nightshade seperti halnya kentang. Biasanya anak yang alergi terhadap tomat juga akan mengalami reaksi alergi yang sama ketika mengkonsumsi kentang. Namun walaupun begitu, kasus alergi yang sifatnya parah terhadap tomat olahan seperti saus tomat dan lain-lain secara data adalah termasuk sangat langka. Biasanya anak-anak yang memiliki alergi terhadap tomat hanya akan menunjukkan reaksi alergi ringan.

Penjelasan Mengenai Alergi Tomat

Gejala Dan Persiapan Terhadap Alergi Tomat
Alergi saus tomat secara umum akan menunjukkan gejala yang kurang lebih sama seperti kasus-kasus alergi pada umumnya. Ruam pada kulit, pembengkakan di bibir-lidah-mulut, rasa mual, muntah, penyempitan saluran pernafasan, mengi, dan rasa gatal adalah beberapa gejala yang mungkin terjadi. Bagi mereka yang alergi terhadap saus tomat, biasanya gejala akan muncul dalam waktu 45 menit setelah mereka mengkonsumsi olahan tomat.

Dalam semua kasus alergi makanan pada anak-anak, hal pertama yang harus ada pada setiap orang tua adalah kepekaan terhadap situasi. Jika anda merasa anak anda mempunyai alergi terhadap makanan tertentu (dalam kasus ini adalah buah tomat), maka anda harus mencari informasi sebanyak-banyaknya terhadap kondisi yang dialami oleh anak anda. Semakin banyak anda memahami kondisinya, maka semakin mudah pula untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang mungkin saja terjadi.


Diagnosa Dan Hal Yang Perlu Diperhatikan
Untuk mengetahui apakah anak anda mempunyai alergi terhadap saus tomat, dokter yang baik biasanya akan mengamati gejala yang terjadi dan mempelajari riwayat medis dari anak anda. Tes diagnostik dengan mengambil sampel darah dan memprosesnya di laboratorium hanya akan dilakukan jika anak anda memang dicurigai mempunyai alergi tomat. Prosesnya tidak terlalu rumit, dan hasilnya dapat langsung diketahui dalam waktu 24 jam.

Resiko syok anafilaksis dapat terjadi pada anak-anak yang mempunyai sensitifitas alergi yang parah terhadap saus tomat. Syok anafilaksis yang disebabkan oleh alergi makanan dapat berakibat sangat fatal jika tidak segera ditangani. Gejalanya adalah terjadi penyempitan pada saluran pernafasan, anak kesulitan bernafas, dan pingsan yang terjadi antara 5 sampai 15 menit setelah anak mengkonsumsi zat alergen (makanan yang menyebabkan alergi). Segera bawa anak anda ke rumah sakit jika anak anda mengalami gejala yang disebutkan tadi.

Selain kemungkinan besar juga memiliki alergi terhadap kentang, anak yang alergi saus tomat juga beresiko memiliki sensitifitas yang tinggi terhadap latex. Hal ini terungkap dalam sebuah penelitian pada 40 sukarelawan anak-anak dan orang dewasa yang mempunyai alergi terhadap saus tomat. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika anda mencurigai anak anda mempunyai sejumlah alergi terhadap makanan atau benda-benda tertentu. Semoga artikel alergi saus tomat pada anak-anak ini dapat memberikan informasi yang cukup bagi anda semua!

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »