Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah: Berjerawat dan Kusam

Jeruk nipis adalah buah serbaguna yang memiliki begitu banyak khasiat bagi kecantikan kulit. Khusus mengenai manfaat jeruk nipis untuk wajah yang akan dibahas pada artikel kali ini, saya akan memberikan 4 tips mudah bagaimana cara memanfaatkan jeruk nipis untuk merawat kulit wajah anda. Karena seperti yang telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, selain tinggi akan kandungan vitamin C dan antioksidan, jeruk nipis juga dilengkapi dengan berbagai macam asam buah dan gula alami yang sangat baik untuk kulit wajah. Berikut ini penjelasan aneka khasiat jeruk nipis untuk perawatan kulit wajah secara satu-persatu.

manfaat jeruk nipis bagi kulit wajah cantik

Berbagai Manfaat Jeruk Nipis Bagi Wajah

Membantu Pengelupasan Sel Kulit Mati
Air jeruk nipis diketahui kaya akan kandungan AHA (alpha hydroxy acids) yang dapat membantu pengelupasan kulit dan menyingkirkan sel-sel kulit mati. Kulit yang bersih dapat membuat pori-pori bernapas lebih bebas, mendorong pembentukan kulit baru yang lebih sehat, dan menjaga elastisitas kulit. Untuk hasil maksimal, gunakan air jeruk nipis murni dan oleskan ke kulit wajah dengan bantuan kapas. Jangan biarkan terlalu lama, 4 hingga 5 menit sudah cukup, setelah itu bilas wajah hingga bersih dengan menggunakan air dingin.


Mengurangi Komedo dan Jerawat Ringan
Manfaat jeruk nipis untuk wajah berjerawat juga bisa dikatakan cukup efektif. Komedo biasanya terjadi karena minyak alami yang dihasilkan kelenjar minyak pada kulit tidak bisa keluar akibat pori-pori yang tersumbat kotoran, debu, maupun sel kulit mati. Resep tradisional yang sudah terbukti ampuh untuk mengatasi ini adalah dengan menggosokkan air jeruk nipis ke bagian wajah yang banyak terdapat komedo dan jerawat kecil setiap malam. Campurkan sedikit air agar larutan tidak terlalu pekat. Biarkan saja semalaman dan bilas keesokan paginya. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal. Hal ini sekaligus dapat membantu mengurangi masalah kulit wajah berminyak.

Membantu Mencerahkan Wajah
Karena efektif untuk membantu pengelupasan sel kulit mati dan mendorong pertumbuhan sel kulit baru, maka secara langsung hal ini juga membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dan putih. Jadi khasiatnya kurang lebih sama seperti buah tomat yang dapat memutihkan kulit. Disamping itu, jeruk nipis juga diketahui dapat membantu menyamarkan bintik-bintik hitam pada wajah yang biasanya muncul pada saat kehamilan.

Mengatasi Kulit Yang Terbakar Matahari
Ketika matahari sedang terik-teriknya, hal ini dapat membakar kulit anda. Kulit yang terbakar sinar matahari tentu akan sangat menggangu. Rasa perih, gatal, dan kondisi kulit yang menjadi kering adalah beberapa hal yang pasti akan dialami. Untuk mengatasinya, anda dapat mencampur air jeruk nipis dengan air dingin, lalu membasuhkannya ke bagian kulit yang terbakar sinar matahari. Hal ini berfungsi untuk mendinginkan kulit, mempercepat pemulihan, dan sebagai desinfektan untuk menghindari lecet dan pengelupasan kulit.

Berikutnya baca:
Sebelumnya:


Di-Update pada 22 Februari 2015

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »