Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Keuntungan Mengkonsumsi Buah Mangga

Saat ini buah mangga dapat ditemukan di banyak negara di dunia yang berada pada iklim tropis dan sub-tropis, namun aslinya buah yang mempunyai banyak varietas ini berasal dari wilayah Asia Tenggara lebih dari 4000 tahun lalu. Mangga dianggap sebagai makanan yang baik bukan hanya karena rasanya yang manis serta kandungan airnya yang menyegarkan, namun buah ini juga diketahui dapat menyehatkan tubuh.

Seperti yang telah dijelaskan dalam artikel tentang kandungan nutrisi buah mangga sebelumnya, buah ini kaya akan berbagai vitamin dan mineral, serta merupakan sumber serat pangan yang baik. Berbagai keuntungan mengkonsumsi buah mangga adalah sebagai berikut:

keuntungan mengkonsumsi buah mangga

Mangga Rendah Kandungan Kalori

Dengan hanya mengandung sekitar 100 kalori untuk setiap cangkir porsinya, mangga adalah makanan rendah padat energi, dengan kata lain buah ini memiliki jumlah kalori yang sedikit untuk porsi yang besar. Jenis makanan seperti ini diketahui sangat baik bagi mereka yang ingin tetap menjaga berat badan seimbang.

Buah mangga dapat membantu anda tetap merasa kenyang, sekaligus dapat membatasi jumlah total asupan kalori anda. Buah ini dapat dijadikan sebagai camilan sehat rendah kalori ataupun sebagai buah pencuci mulut yang menyegarkan.

Mangga Sumber Serat Yang Baik

Buah mangga merupakan sumber serat pangan yang baik. Satu cangkir porsi buah mangga diketahui mengandung serat sekitar 2,6 gr, atau setara dengan 10% dari jumlah asupan serat harian yang disarankan. Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit.

Selain itu serat juga akan dicerna lebih lambat, sehingga anda akan merasakan kenyang lebih lama. Fungsi lain dari serat adalah untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan menjaga kesehatan jantung. Wanita dewasa disarankan untuk mengkonsumsi sekitar 21 gr - 25 gr serat setiap hari, sedangkan pria dewasa membutuhkan sekitar 30 gr - 38 gr serat per-harinya.

Mangga Kaya Akan Antioksidan

Buah mangga diketahui sebagai sumber beberapa antioksidan, termasuk diantaranya adalah betakaroten, likopen, lutein, vitamin A, dan vitamin C. Antioksidan adalah zat dalam makanan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas.

Radikal bebas, baik yang dari paparan lingkungan (polusi dan asap rokok) ataupun hasil sampingan dari proses pencernaan diketahui dapat merusak sel-sel tubuh, dan meningkatkan resiko penyakit kanker serta jantung.

Banyak mengkonsumsi buah-buahan yang tinggi antioksidan seperti buah mangga akan menurunkan resiko tersebut, selain juga dapat membantu membuat anda lebih awet muda.

Mangga Tinggi Kandungan Kalium

Buah mangga juga merupakan buah yang tinggi akan kandungan kalium, yaitu sekitar 277 mg untuk setiap cangkir porsinya. Menambahkan makanan yang tinggi kalium dalam menu makan anda sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan tekanan darah.

Kandungan kalium pada makanan seperti pada buah mangga akan melawan efek dari sodium pada tekanan darah anda. Disarankan kepada setiap orang dewasa untuk mendapatkan asupan kalium sebesar 4.700 mg per-hari demi mempertahankan kesehatan jantung.

Mangga Adalah Sumber Folat Yang Baik

Folat sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi dan menjaga sel-sel baru, serta sangat penting dalam masa-masa pertumbuhan yang cepat seperti pada kehamilan dan pertumbuhan bayi. Wanita dewasa pada usia subur membutuhkan asupan folat sekitar 400 mcg per-harinya untuk mencegah kemungkinan terjadinya cacat tabung saraf pada bayi ketika mereka hamil nanti.

Satu cangkir porsi buah mangga diketahui mengandung sekitar 71 mcg folat, atau setara dengan 18% dari asupan folat harian yang disarankan untuk wanita dewasa.

Selanjutnya baca:

Yang sebelumnya:

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »