Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Mangga Dan Ruam Kulit

Kulit mangga banyak mengandung getah berwarna bening yang disebut dengan urushiol. Getah ini diketahui dapat menyebabkan iritasi kulit, karena itu secara umum memang banyak orang yang akan mengalami ruam kulit jika terkena / melakukan kontak dengan urushiol. Namun walaupun begitu, kandungan urushiol ini tidaklah terlalu signifikan dalam daging buahnya, sehingga mengkonsumsi buah mangga dikatakan sangat aman bagi kebanyakan orang. Tapi memang terdapat beberapa kecil kasus dimana orang mengalami gejala ruam yang sama setelah makan buah mangga. Lalu seperti apa sebenarnya hubungan antara buah mangga dan ruam kulit?

hubungan buah mangga dan ruam kulit

Tentang Alergi Mangga

Ruam kulit yang disebabkan oleh adanya kontak zat yang menyebabkan reaksi alergi dengan kulit disebut dengan dermatitis kontak. Dan kulit mangga memang mengandung zat alergen (penyebab alergi) yang dapat menyebabkan dermatitis kontak pada beberapa orang tertentu. Dalam kasus alergi mangga, ruam kulit yang terjadi biasanya disertai dengan rasa gatal yang dalam beberapa jam dapat berkembang menjadi seperti luka melepuh. Keadaan ini dapat berlangsung hingga berhari-hari.




Cara Mengobati Ruam

Ahli nutrisi dari College of Tropical Agriculture and Human Resources - University of Hawaii yang bernama Alan Titchenal dan Joannie Dobbs, merekomendasikan penggunaan sabun yang disebut dengan Zanfel untuk mencuci daerah kulit yang terkena getah mangga. Jika anda tidak dapat menemukan sabun Zanfel, maka meminum antihistamin atau menggunakan krim steroid yang dioles dapat menjadi pertolongan pertama untuk mengatasi ruam. Kompres kulit yang mengalami reaksi dengan air dingin (es) untuk mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit akibat kulit yang melepuh. Jika reaksi ruam yang muncul tersebut sifatnya parah dan sangat menganggu, maka segera kunjungi dokter untuk mendapatkan bantuan medis lebih lanjut.

Apa Berarti Kita Tidak Boleh Makan Mangga?

Mangga adalah buah yang sangat populer di seluruh dunia dan sudah diolah menjadi berbagai aneka makanan dan minuman. Selain rasanya yang menyegarkan, manfaat buah mangga juga sangat banyak, baik itu untuk kesehatan umum maupun bagi kecantikan kulit. Jika anda tidak pernah mengalami reaksi apa-apa setelah mengkonsumsi aneka olahan mangga, maka memakan daging buah mangga yang segar tidak akan membahayakan anda. Yang perlu diperhatikan hanyalah getah bening pada bagian kulitnya saja. Setelah mengupas mangga, pastikan untuk mencuci pisau sebelum digunakan kembali untuk memotong daging buahnya. Buah yang telah dikupas juga harus dicuci untuk menghilangkan sisa urushiol yang tersisa.

Selanjutnya baca:

Yang sebelumnya:

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »