Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Ukurannya memang kecil, tapi jeruk nipis mempunyai segudang kegunaan dan khasiat luar biasa bagi kehidupan manusia. Khusus mengenai manfaatnya untuk kesehatan, jeruk nipis juga menyimpan segudang nutrisi berharga untuk itu semua. Beberapa penelitian dan ujicoba yang dilakukan oleh sejumlah ilmuwan di berbagai negara telah berhasil membuktikan aneka khasiat yang terkandung dalam buah yang mempunyai rasa sangat asam ini. Agar lebih jelas, mari kita membahas manfaat jeruk nipis untuk kesehatan secara satu-persatu.

manfaat jeruk nipis bagi kesehatan

Manfaat Kesehatan Buah Jeruk Nipis

Kandungan Vitamin C Jeruk Nipis dan Manfaatnya
Vitamin C adalah vitamin yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Kekurangan vitamin C dapat memicu beberapa masalah kesehatan seperti bertambahnya berat badan, masalah rambut dan kulit kering, mimisan, anemia, radang gusi, dan nyeri sendi. Vitamin ini tidak diproduksi dan tidak dapat disimpan oleh tubuh. Karena itu kita harus mengkonsumsinya setiap hari untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita. Sebuah jeruk nipis berdiameter kira-kira 6 cm diketahui dapat memberikan asupan vitamin C sebesar 44,5 mg untuk tubuh kita. Ini setara dengan 75% dari asupan harian yang disarankan. Anda dapat memeraskan jeruk nipis dalam salad atau mencampurnya dengan air hangat untuk membuat segelas air jeruk nipis hangat yang penuh khasiat.

Jeruk Nipis Melindungi Tubuh dari Kanker
Sebuah lembaga penelitian kanker bernama - The Memorial Sloan-Kettering Cancer Center, mengungkapkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam kulit jeruk nipis mempunyai manfaat sebagai anti kanker terhadap berbagai garis sel. Senyawa yang bernama d-limonene ini ditemukan terutama di bagian kulit luar jeruk nipis. Selain dapat melindungi garis sel seperti kulit, lambung, hati, usus, dan pankreas, senyawa ini dikatakan harus dipertimbangkan sebagai sarana pencegahan kanker pada daerah jaringan lemak seperti payudara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ketika dikonsumsi secara teratur, d-limonene akan berkontribusi besar pada jaringan lemak tubuh.

Baca juga:
Mengobati Kanker Secara Alami Dengan Buah Manggis
Khasiat Buah Apel Untuk Pengobatan Kanker

Jeruk Nipis Sebagai Anti Peradangan
Peradangan sebenarnya adalah sebuah reaksi yang ditunjukkan oleh tubuh akibat cedera, terkena infeksi, ataupun ketika terserang virus. Ketika hal ini muncul akibat sesuatu yang memang seharusnya, maka peradangan adalah sebuah kewajaran. Namun ketika peradangan muncul akibat sejumlah penyakit inflamasi, maka ini akan mempengaruhi jaringan dan organ dalam tubuh. Menurut sebuah jurnal kesehatan tentang penyakit rematik, menambahkan asupan vitamin C diketahui dapat menurunkan resiko terkena penyakit peradangan seperti radang sendi.

Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mempunyai asupan vitamin C harian yang rendah, besar kemungkinannya untuk menderita penyakit radang sendi. Dalam penelitian yang berbeda, kondisi lainnya yang diakibatkan oleh kerusakan oksidatif dan peradangan pada dinding pembuluh darah adalah aterosklerosis. Vitamin C yang merupakan antioksidan kuat diklaim dapat melawan penyebab kedua penyakit diatas. Dan jeruk nipis yang sangat kaya akan vitamin ini dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan utama dalam mengurangi resiko terkena peradangan dan penyakit jantung.

Jeruk Nipis Menjaga Kesehatan Hati
Diantara sejumlah senyawa flavonoid yang terdapat dalam jeruk nipis, hesperidin adalah salah satu yang paling banyak diteliti oleh ilmuwan untuk mengetahui manfaatnya dalam menjaga hati dari kerusakan. Sebuah penelitian yang dilakukan di salah satu Universitas Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Cina mengungkapkan, hesperidin mencegah terjadinya kerusakan hati. Hal ini diketahui karena efek antioksidannya dapat melindungi sel dari stres oksidatif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, hesperidin dinyatakan sebagai salah satu senyawa yang patut dipertimbangkan dalam terapi untuk masalah disfungsi hati.

Berikutnya baca:

Sebelumnya:
Aneka Kegunaan Jeruk Nipis


Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
14 Agustus 2013 09.17 delete

Terimakasih atas infonya tentang manfaat jeruk nifis bagi kesehatan..

Reply
avatar