Kandungan Nutrisi Jeruk Nipis

Buah ini telah menyelamatkan banyak nyawa sejak ratusan tahun lalu ketika para dokter menyadari kandungan vitamin C yang tinggi dalam jeruk nipis dapat mencegah penyakit kulit berbahaya. Dan tidak hanya itu saja, kandungan nutrisi lain dalam buah ini juga diketahui memiliki banyak khasiat. Lantas apa saja manfaat kandungan nutrisi jeruk nipis tersebut?

Jeruk nipis adalah keluarga dari buah jeruk yang mempunyai ukuran agak kecil, mempunyai rasa yang sangat asam namun menyegarkan, memiliki banyak khasiat bagi kesehatan dan perawatan kecantikan, serta mempunyai banyak kegunaan dalam kehidupan manusia (lihat Berbagai Kegunaan Jeruk Nipis).

manfaat kandungan nutrisi pada jeruk nipis

Kandungan Bermanfaat Dalam Jeruk Nipis

Vitamin C Jeruk Nipis
Satu buah jeruk nipis ukuran sedang mengandung sekitar 30,7 mg vitamin C. Ini setara dengan 25% sampai 30% dari asupan harian yang disarankan. Sebagai informasi, pria perokok membutuhkan sekitar 125 mg vitamin C per-harinya, sedangkan untuk wanita perokok membutuhkan sekitar 110 mg per-harinya. Dan bagi pria dan wanita yang bukan perokok, mereka hanya membutuhkan sekitar 90 mg dan 75 mg asupan vitamin C per-harinya.

Vitamin yang larut dalam air ini merupakan vitamin penting yang membantu pembentukan kolagen dalam tulang rawan, tulang, dan pembuluh darah. Selain itu, vitamin C juga merupakan antioksidan yang memberi perlidungan bagi tubuh terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas, serta memperkuat fungsi kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Vitamin Jeruk Nipis Lainnya
Jeruk nipis diketahui mengandung sejumlah kecil keluarga vitamin B seperti vitamin B6, tiamin, niacin, dan asam pantotenat. Vitamin B mempunyai sejumlah fungsi dalam tubuh, mulai dari membantu sistem saraf pusat hingga mendukung sistem kekebalan tubuh. Selain itu, satu buah jeruk nipis ukuran sedang juga mengandung sekitar 13 IU vitamin A, 3 mg kolin, dan 6 mcg folat. Vitamin A dan folat dapat membantu tubuh untuk mengatasi peradangan, menjaga kesehatan mata, serta membantu pembentukan dan menjaga sel-sel baru. Khusus bagi wanita, sangat dianjurkan untuk menambah asupan folat selama masa kehamilan untuk mencegah cacat lahir pada bayi.

Kandungan Mineral Jeruk Nipis
Satu buah jeruk nipis ukuran sedang mengandung sekitar 80 mg kalium, 15 mg kalsium, dan 5 mg magnesium. Tubuh manusia memerlukan sekitar 1000 mg hingga 1200 mg kalsium setiap harinya, dan 1 buah jeruk nipis setidaknya dapat memenuhi 1% dari kebutuhan tersebut. Ketika anda menjalani pola diet rendah sodium, maka sangat penting untuk mendapatkan asupan kalium yang cukup agar tekanan darah anda tidak tinggi. Sedangkan untuk magnesium, mineral ini membantu tubuh dalam mengantarkan energi, pembentukan protein, dan menjaga fungsi otot.

Berikutnya baca:

Sebelumnya:
Jeruk Nipis Untuk Merawat Wajah Berjerawat dan Kusam


Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
9 Januari 2017 pukul 11.21 delete

Sebelumnya salam kenal, nama saya rony

artikelnya sangat bagus, dan menurut saya sangat sangat berguna.
Hanya saja jika membandingkan dengan beberapa artikel dengan informasi sejenis, saya menemukan sedikit kekurangan pada artikel ini, bukan maksud mengkritik tapi mungkin hal ini bisa menjadi acuan ke depan yang bisa berguna tidak hanya bagi saya tapi juga buat mas hendra (berdasarkan nama penulis di atas).
Dalam artikel tersebut tidak di sebutkan kandungan nutrisi secara lengkap atau keseluruhan, namun di luar hal itu cara penjelasannya saya suka, simple dan juga mudah saya pahami.

jadi intinya saya berterima kasih atas arikelnya, dan saya tunggu post - post selanjut..

trima kasih.. (great articel, I like it ..!)

Reply
avatar