Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Manfaat Enzim Pada Buah Pepaya

Pada artikel sebelumnya, yaitu 'manfaat buah pepaya untuk diet', saya sedikit menyinggung tentang enzim papain yang terdapat dalam buah pepaya. Buah tropis yang kaya akan vitamin A, C, E, folat, dan kalium ini memang dilengkapi oleh enzim unik yang mempunyai manfaat kesehatan. Sebelum banyak diteliti di laboratorium, manfaat enzim pada buah pepaya sudah lama dimanfaatkan oleh masyarakat kita sebagai pelunak (mengempukan) daging. Enzim papain pada buah pepaya ini paling banyak terkandung dalam buah yang masih mentah. Dan karena buah yang masih mentah bersifat racun, maka diperlukan proses pemasakan dulu sebelum dikonsumsi.

manfaat enzim papain pada pepaya

Manfaat Enzim Papain Untuk Pencernaan

Enzim papain dapat membantu tubuh untuk memproduksi enzim pencernaan, karena itu buah pepaya sangat baik bagi sistem pencernaan kita. Manfaat enzim buah pepaya ini terutama sangat berguna untuk mencerna protein.

Keuntungan terbesar dari enzim papain bagi pencernaan adalah pada mereka yang telah berusia diatas 50 tahun. Orang pada usia tersebut biasanya lebih sedikit memproduksi enzim pencernaan, sehingga buah pepaya dapat dijadikan sebagai solusi yang tepat. Namun ada satu hal yang harus diperhatikan. Enzim ini dapat meningkatkan resiko pendarahan. Karena itu, bagi mereka yang mempunyai tukak lambung atau luka dalam organ pencernaan sangat dilarang untuk mengkonsumsi buah pepaya.


Buah lain yang juga bermanfaat bagi sistem pencernaan:

Manfaat Enzim Papain Untuk Radang Sendi

Enzim papain dipercaya dapat mengatasi peradangan pada radang sendi rheumatoid dan osteoarthritis. Namun belum cukup banyak penelitian yang dilakukan mengenai hal ini. Berbeda dengan enzim lain pada buah pepaya, yaitu chemopapain. Enzim ini telah digunakan untuk mengatasi pembengkakan pada kondisi degeneratif tulang belakang dengan cara disuntikkan secara langsung. Namun metode ini sekarang sudah jarang dilakukan.

Penelitian terbaru tentang khasiat enzim papain bagi radang sendi dan kerusakan tulang rawan masih berjalan dan masih menggunakan hewan sebagai uji cobanya. Dalam penelitian ini, enzim papain disuntikkan secara langsung ke jaringan yang bermasalah. Hasilnya masih belum dikeluarkan karena penelitian masih berjalan.

Buah yang juga dapat mengatasi peradangan pada sendi:

Manfaat Lain Dari Enzim Pepaya

Saat ini enzim pepaya dalam bentuk suplemen sudah diperjualbelikan, dan sering kali digunakan oleh mereka yang cidera saat berolahraga. Selain itu, secara tradisional buah pepaya juga digunakan untuk mengobati luka bakar, gigitan dan sengatan serangga, serta menyembuhkan luka pada kulit. Keefektifan dan manfaat buah pepaya untuk mengatasi semua masalah tersebut dipercaya karena kandungan enzim di dalamnya.

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »