Manfaat Buah Pepaya: Untuk Diet dan Kecantikan

Selama ini manfaat buah pepaya yang paling umum diketahui adalah sangat baik untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan. Namun sebenarnya masih banyak lagi khasiat yang terkandung dalam buah yang mempunyai rasa manis dan menyegarkan ini. Anda tentu sudah sangat familiar dengan buah pepaya. Buah ini memang sudah sejak lama dibudidayakan dan menyebar di setiap pulau di nusantara. Pepaya telah menjadi salah satu pilihan favorit sebagai bahan campuran dalam es buah ataupun rujak buah. Sebagian masyarakat Indonesia juga terbiasa untuk menjadikan buah pepaya muda sebagai sayur. Namun seperti apa manfaat sesungguhnya dari buah pepaya?

manfaat buah pepaya

Asal-Usul Penyebaran Buah Pepaya

Buah pepaya sudah diperkenalkan di Indonesia sejak awal masa penjajahan Belanda, karena itu mungkin tidak banyak yang tau jika buah ini aslinya berasal dari Meksiko (bagian selatan dan utara). Nama 'Pepaya' sendiri merupakan adaptasi dari bahasa Belanda yang menyebut buah ini dengan sebutan 'Papaja'. Di daerah asalnya, buah ini diberi nama 'Papaya' (berasal dari bahasa Arawak). Masyarakat Jawa menyebut buah ini dengan nama 'Kates', sedangkan masyarakat Sunda dan Bali menyebutnya 'Gedang'.

Saat ini buah pepaya sudah menyebar hampir ke seluruh dunia, dan dibudidayakan terutama pada daerah-daerah yang mempunyai iklim tropis seperti Indonesia. Dengan majunya ilmu pertanian moderen, saat ini terdapat banyak sekali jenis pepaya yang dikenal masyarakat. Semuanya dikembangkan berdasarkan kegunaan dan selera dari konsumen. Dua jenis buah pepaya yang paling dikenal adalah pepaya bangkok (bentuknya buahnya besar dengan rasa daging buah yang manis dan berair) dan pepaya solo F1 (bentuk buahnya kecil-kecil dengan daging buah yang lebih renyah).

manfaat buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan

Pohon pepaya biasanya tidak bercabang dan bisa mencapai tinggi hingga 10 meter. Terdiri dari tiga jenis kelamin yaitu pepaya jantan / pepaya gantung (tidak berbuah, bunga tumbuh memanjang dan sering dijadikan obat), pepaya betina (buahnya agak bulat), dan pepaya banci (buahnya besar dan agak lonjong). Para petani di Indonesia lebih senang membudidayakan pepaya banci karena ukuran buah yang lebih besar dan buah yang lebih banyak.


Kandungan Nutrisi Buah Pepaya

Buah pepaya memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Cukup banyak zat-zat gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh yang terdapat dalam buah ini. Secara umum kandungan nutrisi pada buah pepaya berdasarkan data dari penelitian antara lain:
  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Vitamin A, B6, C, E, K
  • Asam Folat
  • Kolin
  • Kalsium
  • Kalium
  • Magnesium
  • Zat Besi, dll

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berdasarkan data kandungan gizi, hasil penelitian, dan pengalaman dari banyak orang, buah pepaya diketahui mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Beberapa manfaat umum yang layak diketahui antara lain:
Semoga penjabaran tentang asal-usul, kandungan nutrisi, dan khasiat buah pepaya diatas cukup memberikan informasi yang berguna. Penjelasan yang lebih mendetail tentang manfaat pepaya akan blog Manfaat Buah bahas satu-persatu dalam artikel tersendiri.

Berikutnya baca:


Di-Update pada 14 Februari 2015

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »