Buah Nanas Untuk Mengatasi Sakit Kepala

Sakit kepala adalah permasalahan umum yang sering diderita oleh banyak orang. Masalah ini dapat disebabkan oleh beberapa alasan, dan yang paling sering adalah karena ketegangan serta stres.

Rasa berdenyut yang sangat menyakitkan serta merata di seluruh kepala tentulah sangat mengganggu. Apalagi jika itu dialami selama berjam-jam, maka akan sangat menyiksa sekali. Nah, bagi anda yang tidak suka minum obat sakit kepala, kali ini saya ingin membagikan cara untuk mengatasinya secara alami, yaitu dengan memanfaatkan buah nanas.

Hal ini mungkin sudah pernah saya singgung, bahwa manfaat buah nanas untuk mengatasi sakit kepala telah ditunjukkan pada beberapa penelitian awal.

buah nanas untuk obati sakit kepala

Sedikit Mengenai Sakit Kepala

Masalah sakit kepala adalah gangguan kesehatan yang cukup banyak dialami oleh penduduk Indonesia. Setidaknya 1 kali dalam setahun, baik itu perempuan maupun laki-laki, pasti pernah mengalami sakit kepala mulai dari yang ringan hingga berat. Dan tidak sedikit dari mereka yang menderita sakit kepala berulang yang sangat mengganggu.

Jika berdasarkan penelitian, kondisi tersebut diketahui dapat dipicu oleh berbagai penyebab. Beberapa diantaranya adalah karena dehidrasi, kurang tidur, konsumsi alkohol, masalah sinus, alergi pada makanan tertentu, hingga karena stres serta ketegangan pada syaraf.




Enzim Bromelin Pada Buah Nanas

Seperti yang telah dijelaskan pada artikel terdahulu, enzim bromelin adalah enzim yang hanya terdapat dalam buah nanas. Enzim ini diketahui memiliki kemampuan untuk meredakan rasa sakit, dan penduduk asli di Amerika Tengah serta Selatan sudah terbiasa memanfaatkan buah nanas sebagai obat alami selama berabad-abad.

Beberapa penelitian telah membuktikan jika manfaat enzim bromelin cukup efektif untuk mengobati beberapa kondisi tertentu seperti gangguan pencernaan, nyeri arthritis, pembengkakan, sakit kepala, hingga sinusitis. Di negara Jerman, penggunaan enzim bromelin untuk mengatasi pembengkakan dan inflamasi setelah operasi juga telah mendapatkan persetujuan.

Buah Nanas Sebagai Obat Sakit Kepala

Penting untuk diketahui, walaupun penelitian awal menunjukkan indikasi jika enzim bromelin dapat berguna untuk mengatasi sakit kepala, namun belum terlalu banyak bukti ilmiah yang dapat mendukung klaim ini. Dosis yang tepat juga masih belum bisa ditentukan, karena memang masih memerlukan penelitian lanjutan yang lebih mendalam.

Sementara ini yang dianjurkan adalah untuk mengkonsumsi 1 gelas jus nanas (8 oz) ketika mengalami sakit kepala. Selain itu, enzim bromelin juga sudah ada yang diekstraksi dan dikemas dalam bentuk suplemen. Dosis yang dianjurkan adalah antara 80 mg hingga 320 mg (2-3 kali per-hari). Dan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsinya beberapa jam sebelum makan.

Peringatan

Diperlukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum anda memutuskan mengkonsumsi suplemen bromelain. Seperti halnya keterangan pada atikel mengenai efek samping nanas, enzim bromelain ternyata juga bisa memberikan efek samping yang kurang baik pada kondisi tertentu.

Karena itu, anda harus memastikan bahwa tubuh anda tidak memiliki pantangan atau tidak sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang dapat berinteraksi dengan suplemen bromelin.

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

2 komentar

Write komentar
eka
21 Januari 2014 20.31 delete

baru tahu saya gan kalau nanas itu bisa untuk mengobati sakit kepala, tapi thank's infonya untuk menambah wawasan saya

Reply
avatar
30 Januari 2014 19.11 delete

Ini baru informasi awal saja, semoga penelitian lanjutan bisa memberikan informasi yang lebih mendalam. Semoga bermanfaat!

Reply
avatar