Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Cara Memilih Buah Naga

Buah naga, buah yang aslinya bernama pitaya atau pitahaya ini (lihat sejarah buah naga DISINI) sudah cukup lama menjadi populer di Indonesia. Hal ini karena beberapa daerah di tanah air berhasil membudidayakan tanaman sejenis kaktus ini dengan baik. Negara Asia lain yang membudidayakan buah naga secara besar-besaran adalah Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Taiwan. Namun walaupun sudah dikenal selama bertahun-tahun, ternyata masih banyak yang belum tau bagaimana cara memilih buah naga ketika hendak membelinya. Karena itu, bagi anda yang ingin membeli buah naga, berikut ini beberapa langkah sederhana yang mungkin dapat membantu anda.

cara memilih buah naga

Langkah Membeli Buah Naga

Langkah 1
Periksa kulit buah dengan seksama. Buah naga, baik yang berkulit merah ataupun kuning, yang baik adalah yang memiliki warna merata dan tidak terdapat memar / bercak. Dan walaupun kadang-kadang memang ada sedikit variasi dalam warna kulitnya, namun buah naga yang baik umumnya memiliki warna yang sama. Bercak yang terdapat dalam kulit buah naga dapat dijadikan sebagai indikasi jika buah sudah terlalu masak.

Langkah 2
Sentuh pelepah buah naga. Pelepah yang rapuh menunjukkan jika buah sudah terlalu masak. Jadi pilih buah naga yang memiliki pelepah masih lentur.

Langkah 3
Periksa kelopak yang menutupi kulit buah naga. Buah naga yang masih baik haruslah memiliki kelopak yang berwarna cerah dan tidak ada noda kecoklatan di ujungnya. Ini adalah satu lagi ciri-ciri yang menandakan jika buah sudah terlalu masak.

Langkah 4
Tekan sedikit jari anda ke kulit buah. Buah naga yang memiliki kematangan yang baik akan memberikan sedikit bekas tekanan (persis seperti ketika anda memilih alpukat atau mangga). Jika terlalu mudah ditekan atau terlalu keras, maka pilih buah naga yang lainnya.

Langkah 5
Cium aroma buah naga. Buah naga yang sudah masak dan memiliki rasa manis akan mengeluarkan sedikit aroma wangi yang khas. Jika tidak tercium aroma apa-apa, maka buah tersebut masih mentah.

Langkah 6
Jika buah naga yang anda beli masih kurang masak dan terasa hambar. Maka simpan buah lainnya yang belum dikupas dalam suhu kamar. Setelah buah naga masak, maka anda dapat menyimpannya dalam kulkas hingga 1 minggu.

Berikutnya baca:

Sebelumnya:
Kandungan Nutrisi Buah Naga


Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »