Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Kandungan Nutrisi Pada Buah Naga

Setelah sebelumnya pernah menjelaskan kandungan vitamin dalam buah ini, sekarang saya ingin menjelaskan lebih lengkap mengenai kandungan nutrisi pada buah naga. Buah yang berasal dari Amerika Selatan dan Tengah ini dikenal juga dengan nama pitaya dan pitahaya. Saat ini buah naga banyak dibudidayakan di Asia Tenggara seperti di Thailand, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan sebagian Indonesia. Negara Asia lain yang mengembangkan buah ini adalah Taiwan. Sedangkan untuk di Amerika, buah naga dibudidayakan di daerah California yang mempunyai iklim panas. Buah naga adalah buah yang berasal dari sejenis tanaman kaktus yang bunganya mekar pada saat malam hari. Dapat dimakan langsung ataupun dijadikan campuran dalam salad buah dan sebagai bahan sorbet serta jus.

kandungan nutrisi pada buah naga

Satu porsi buah naga atau setara dengan 100 gr, mengandung sekitar 60 kalori. Ini didapatkan dari 1 buah yang berukuran agak kecil. Dan karena ukuran buah naga sangat beragam, maka bagi anda yang peduli dengan takaran diet ketat, anda perlu menimbang dulu sebelum mengkonsumsinya. Secara lebih lengkap kandungan nutrisi dalam buah naga akan dijabarkan seperti dibawah ini.

Nutrisi Makro dan Nutrisi Mikro Buah Naga

Dalam 1 porsi buah naga tersimpan sekitar 1 gr serat, 9 gr karbohidrat (sebagian besarnya berasal dari gula alami), sejumlah kecil protein, dan bebas kolesterol. Buah naga juga mengandung lemak tak jenuh tunggal, yang merupakan jenis lemak baik yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Lemak ini berasal dari biji-biji kecil berwarna hitam yang tersebar merata dalam daging buah.

Buah naga juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik. Kandungan nutrisi mikro pada buah naga antara lain niacin, riboflavin, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin C, dan kalsium. Kandungan antioksidan dalam buah naga juga tergolong tinggi, terutama untuk senyawa fitoalbumin, yaitu antioksidan yang menjaga sel dan DNA dari kerusakan akibat radikal bebas.

Berdasarkan paparan diatas, manfaat buah naga untuk kesehatan diketahui cukup banyak. Buah naga berkhasiat untuk mencegah kanker, mencegah berkurangnya daya ingat, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan kadar gula darah. Selain itu, buah ini juga bermanfaat untuk banyak sistem dalam tubuh seperti, tulang, gigi, kulit, dan mata.

Rekomendasi dan Cara Mengkonsumsi
Cara mengkonsumsi buah naga adalah dengan membelah buahnya dan mengambil bagian dagingnya. Kulit buah naga tidak dapat dikonsumsi langsung, namun dapat diolah menjadi yogurt yang sangat baik untuk menurunkan berat badan (lihat Mengatasi Obesitas Dengan Yogurt Kulit Buah Naga). Jika buah naga belum terlalu masak, maka untuk membuatnya masak buah naga hanya perlu disimpan dalam suhu kamar. Agar lebih awet, buah naga dapat disimpan dalam kulkas. Diantara sejumlah makanan sehat yang direkomendasikan oleh ahli nutrisi, buah ini termasuk di dalamnya. Disarankan untuk mengkonsumsi antara 4 sampai 5 porsi sehari untuk memenuhi nutrisi sehat yang dibutuhkan tubuh anda sehari-hari. Lebih banyak mengenai buah naga dapat anda baca pada artikel utama mengenai Manfaat Buah Naga

Berikutnya baca:

Sebelumnya:
Buah Naga: Makanan Anti Kanker


Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »