Aneka Kegunaan Jeruk Nipis

Fungsi dan kegunaan jeruk nipis memang pantas untuk dikatakan sangat luar biasa. Ukurannya memang kecil, tapi dibalik ukurannya itu jeruk nipis menyimpan segudang pemanfaatan yang sungguh sangat luar biasa bagi manusia. Dapur anda belum dapat dikatakan lengkap jika belum menyediakan buah ini. Jeruk nipis dapat dijadikan sebagai tambahan bumbu pelengkap pada masakan. Tidak hanya menambah kaya rasa masakan, jeruk nipis juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh. Disamping itu, jeruk nipis sangat ampuh untuk digunakan sebagai perawatan kulit dan rambut. Masih belum cukup sampai disitu, jeruk nipis juga dapat digunakan untuk membersihkan perabotan dan penghilang bau tidak sedap.

kegunaan buah jeruk nipis

Berbagai Pemanfaatan Jeruk Nipis

Komponen Nutrisi Jeruk Nipis
Seperti keluarga buah jeruk yang lainnya, jeruk nipis juga merupakan sumber vitamin C dan betakaroten yang baik. Fungsi vitamin C sangat penting dalam perlindungan jaringan lunak seperti kulit, gusi, dan dinding pembuluh darah. Banyak orang yang menderita penyakit kudis setelah dianalisa ternyata mereka mengalami kekurangan vitamin ini di dalam tubuhnya. Selain itu, vitamin C juga berfungsi untuk membantu penyerapan zat besi pada dinding usus. Sedangkan untuk betakaroten, antioksidan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan mata dan membantu melawan radikal bebas pada tubuh.

Kegunaan Jeruk Nipis Pada Makanan dan Minuman
Anda tentu sudah akrab dengan es kelapa muda, lemon tea, soto, sate, dan makanan-minuman lain yang mengandung air jeruk nipis di dalamnya. Jeruk nipis dapat membuat rasa makanan dan minuman menjadi semakin kaya dan menggoyang lidah. Selain itu, air jeruk nipis juga dapat digunakan untuk menunda warna kecoklatan pada buah potong. Jika anda sering mengkonsumsi buah potong seperti apel dan pir, oleskan saja air jeruk nipis pada potongan buah tersebut. Ini akan membuat buah potong akan tetap terlihat segar dan tidak cepat berwarna kecoklatan.

Manfaat Jeruk Dalam Perawatan Kulit dan Rambut
Menurut Lembaga Administrasi Obat dan Makanan, kandungan AHA (alpha hidroxy acid) pada jeruk nipis (termasuk di dalamnya adalah asam askorbat) memiliki sifat eksfoliatif. Anda dapat menggunakan campuran gula pasir dengan air jeruk nipis untuk membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati. Gosokkan saja campuran ini secara perlahan pada bagian kulit yang kering dan kasar.

Lihat: Merawat Wajah Berjerawat dan Kusam Dengan Jeruk Nipis

Selain itu, jeruk nipis juga diketahui ampuh untuk mengobati masalah ketombe di kulit kepala. Cukup gosokkan bagian dalam jeruk nipis pada daerah-daerah yang berketombe, biarkan sebentar lalu bilas dengan air. Anda juga dapat mencampur sedikit air jeruk nipis dengan air untuk membilas rambut. Ini akan membuat rambut anda berkilau alami.

Sebenarnya pemanfaatan dan kegunaan jeruk nipis bagi aspek kehidupan manusia masih banyak lagi. Tapi secara garis besar, apa yang telah diinformasikan diatas cukup mewakili dari sekian banyak manfaat buah ini.

Berikutnya baca:

Sebelumnya:
Manfaat Minum Air Jeruk Nipis Hangat


Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
26 Juni 2013 13.59 delete

terimakasih informasinya. memang jeruk nipis ini sangat berkhasiat bagi kesehatan. dan saya mulai suka

Reply
avatar