Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Hubungan Jambu Biji Dan Kolesterol

Mengukur kadar kolesterol adalah salah satu hal yang paling sering dilakukan untuk memprediksi resiko terkena masalah peredaran darah seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke. Hal ini sering dipilih karena tingkat keefektifannya selain mengukur kadar kolesterol dalam darah juga tidak terlalu sulit. Dan para ahli kesehatan serta ahli gizi sepakat jika hal terbaik yang harus dilakukan setiap orang untuk meningkatkan kesehatan jantungnya adalah dengan memahami setiap makanan yang dikonsumsinya. Lalu bagaimana hubungan antara jambu biji dengan tingkat kolesterol?

hubungan antara jambu biji dan tingkat kolesterol

Tentang Kolesterol

Tubuh manusia memproduksi dua jenis kolesterol. Pertama adalah kolesterol LDL (low-density lipoprotein), dianggap sebagai kolesterol jahat yang dapat mengendap dalam pembuluh darah dan membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Namun walaupun begitu kolsterol LDL juga penting untuk kesehatan jaringan. Sedangkan yang kedua adalah kolesterol HDL (high-density lipoprotein), yaitu kolesterol baik yang mampu mengeluarkan LDL dari aliran darah dan membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Jika kolesterol LDL bereaksi terhadap lemak jenuh, maka kolesterol HDL akan bereaksi terhadap lemak tidak jenuh.

Kolesterol Dalam Jambu Biji

Satu buah jambu biji utuh ukuran sedang diketahui hanya mengandung  sekitar 0,1 gr lemak jenuh dan 0,2 gr lemak tak jenuh. Berdasarkan data rendahnya kadar lemak dalam buah ini, maka mengkonsumsi jambu biji tidak akan terlalu signifikan dalam pembentukan kolesterol LDL dan HDL pada tubuh. Namun penting untuk dicatat bahwa buah ini mengandung serat yang cukup, karena itu jambu biji sangat bermanfaat dalam membantu tubuh melakukan proses pembersihan alami, sekaligus mengurangi kadar serum darah LDL anda.

Trigliserida

Secara kandungan kimia jambu biji memang tidak mengandung kolesterol, namun trigliserida diketahui dapat mempengaruhi kesehatan peredaran darah layaknya kolesterol LDL dan dimasukan dalam jumlah total kandungan kolesterol. Secara alami tubuh akan memproduksi trigliserida untuk merespon kandungan gula sederhana dalam makanan yang masuk ke tubuh. Satu buah jambu biji utuh ukuran sedang diketahui dapat mengandung gula sederhana sekitar 5 gr, dan jumlah ini dikatakan cukup untuk sedikit menaikan kadar trigliserida anda. Jadi penting untuk diketahui bahwa mengkonsumsi buah jambu biji memang tidak akan memberikan efek buruk, bahkan cukup menyehatkan. Namun apabila anda mengkonsumsi beberapa jambu biji setiap hari, maka ini dapat memberikan dampak negatif pada sebagian orang.

Berikutnya baca:

Sebelumnya:
Manfaat Daun Jambu Biji


Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »