Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Manfaat Kesehatan Daun Jambu Biji

Jika pada artikel-artikel sebelumnya saya lebih banyak mengupas tentang khasiat dari buah jambu biji, maka pada artikel kali ini saya ingin mengupas tentang bagian lain dari pohon yang termasuk dalam keluarga murad ini, yaitu manfaat dari daun jambu.

Anda tentu sudah tau jika daun jambu biji dapat dimanfaatkan sebagai obat diare, tapi mungkin anda belum pernah mendengar manfaat kesehatan daun jambu biji yang lainnya. Sebagai informasi, daun jambu biji dapat dikeringkan dan kemudian direbus untuk dijadikan teh.

Sebagian masyarakat asia sudah memanfaatkan teh daun jambu sebagai pengobatan tradisional sejak ratusan tahun lalu. Lalu masalah kesehatan apa saja yang dapat diatasi dengan daun buah ini?

manfaat daun jambu biji untuk kesehatan

Berbagai Manfaat Daun Jambu Biji

Daun Jambu Biji Membantu Mengatasi Diabetes

Teh daun jambu biji dikatakan efektif untuk menurunkan tingkat glukosa darah. Pernyataan ini berdasarkan riset yang dilakukan oleh Yakult Central Institute untuk penelitian mikrobiologi di Tokyo - Jepang. Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2010 tersebut menyatakan bahwa mengkonsumsi teh daun jambu biji dapat menghambat enzim alpha-glucosidase.

Penghambatan enzim ini akan menurunkan kadar glukosa darah. Seperti telah dijelaskan pada artikel-artikel sebelumnya tentang buah bagi penderita diabetes, menurunkan tingkat glukosa darah sangat penting untuk pencegahan diabetes tipe 2.




Daun Jambu Biji Untuk Mengobati Diare

Daun jambu biji sangat populer sebagai obat tradisional untuk mengatasi diare, dan ini tidak hanya di Indonesia saja, tapi juga di banyak negara lainnya. Diare sebenarnya disebabkan oleh racun yang diproduksi oleh kuman yang berkoloni di lapisan saluran usus.

Mengkonsumsi teh daun jambu biji akan mencegah kuman untuk memproduksi racun penyebab diare. Selain itu, teh ini juga akan menghambat aktifitas racun yang mungkin telah diproduksi sebelumnya.

Daun Jambu Biji Mengatasi Penyakit Mulut

Minum teh daun jambu biji dipercaya dapat mengatasi beberapa penyakit atau masalah yang berhubungan dengan mulut. Berdasarkan sebuah artikel kesehatan, teh daun jambu biji dikatakan dapat mengobati bisul di mulut. Selain itu, teh ini dapat digunakan sebagai obat kumur untuk mengatasi rasa tidak nyaman yang diakibatkan oleh mulut bengkak, sakit tenggorokan, dan radang tenggorokan.

Atasi Infeksi Dengan Daun Jambu Biji

Teh daun jambu biji terbukti efektif ketika dicobakan sebagai pengobatan topikal untuk mengatasi infeksi kulit dan jaringan lunak. Hasil ini diketahui dari penelitian sebuah Universitas di Yola-Nigeria. Penelitian tersebut mengungkapkan jika komponen dari ekstrak daun jambu biji menunjukkan sifat sebagai anti bakteri. Komponen tersebut efektif untuk mencegah infeksi pada luka bedah dan infeksi kulit serta jaringan lunak lainnya.

Berikutnya baca:

Sebelumnya:
Manfaat Buah Jambu Biji Merah

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »