Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Kandungan Nutrisi Buah Durian

Jika artikel-artikel dalam Manfaat Buah sudah cukup menjelaskan mengenai "Ratu Buah", maka mungkin kandungan nutrisi buah durian yang tinggi vitamin dan mineral yang membuatnya mendapatkan julukan sebagai "Raja Buah". Atau mungkin karena bentuk serta baunya yang sangat menyengat itulah yang membuatnya mendapat julukan tersebut.

Durian adalah buah musiman yang mempunyai penggemar sangat banyak di Indonesia. Penyebaran tanaman yang mempunyai buah berbau khas dan menyengat ini cukup merata di kawasan Asia, khususnya Asia Tenggara (termasuk Indonesia). Buah ini mendapat julukan sebagai "Raja Buah" menemani buah manggis yang dikatakan sebagai "Ratu Buah".

kandungan nutrisi buah durian

Kandungan Kalori dan Lemak Buah Durian

1 cup / cangkir porsi buah durian (sekitar 250 gr) diketahui mengandung sekitar 357 kalori. Ini adalah jumlah yang cukup tinggi, jadi bagi anda yang sangat memperhatikan asupan kalori, maka mengkonsumsi buah durian termasuk yang harus anda hindari. Kandungan lemak dalam buah ini adalah sekitar 13 gr / cangkir porsi, atau sekitar 33% dari total kalorinya. Ini termasuk jumlah yang normal karena asupan lemak yang disarankan adalah antara 20% hingga 35% dari total kalori yang dikonsumsi.

Kandungan Karbohidrat dan Serat Buah Durian

Satu cangkir porsi buah durian diketahui dapat memenuhi setengah (sekitar 65 gr) dari kebutuhan karbohidrat harian yang disarankan (sekitar 130 gr). Karena itu sangat penting bagi anda untuk memonitor jumlah asupan karbohidrat dari makanan lain ketika hendak mengkonsumsi buah ini. Kelebihan karbohidrat dapat dengan mudah membuat berat badan menjadi bertambah, sama halnya dengan mengkonsumsi kelebihan lemak. Sedangkan untuk serat, buah durian mengandung sekitar 9,2 gr serat per cangkir porsinya. Setiap orang dewasa disarankan untuk mengkonsumsi serat antara 25 gr hingga 38 gr per-harinya untuk membantu mencegah sembelit, diare, dan divertikulitis.

Kandungan Protein Buah Durian

Buah durian mengandung sekitar 3,6 gr protein untuk setiap cangkir porsinya, atau setara dengan 6,4% sampai 7,8% dari asupan protein harian yang disarankan (46 gr hingga 56 gr). Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Gastroenterology tahun 2010, protein yang didapatkan dari daging dan ikan mempunyai kemungkinan untuk meningkatkan resiko terjadinya sindrom iritasi usus besar. Karena itu, mendapatkan sumber protein lain seperti dari sayuran atau buah-buahan adalah pilihan yang baik jika anda mempunyai resiko akan masalah tersebut.

Kandungan Vitamin dan Mineral Buah Durian

Mengkonsumsi 1 cangkir porsi buah durian akan memenuhi sekitar 80% kebutuhan harian untuk vitamin C dan sekitar 61% kebutuhan harian untuk tiamin bagi tubuh anda. Selain itu, buah durian juga adalah sumber yang baik untuk vitamin B6 dan kalium, yaitu sekitar 38% (B6) dan 30% (kalium) dari kebutuhan harian tubuh yang disarankan. Lebih jauh lagi, mengkonsumsi 1 cangkir porsi buah durian dapat memenuhi sekitar 25% dari kebutuhan harian tubuh akan riboflavin dan tembaga.

Berikutnya baca:


Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »