Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Tips Agar Tidak ‘Mabuk’ Saat Mengkonsumsi Durian

Banyuwangi - Walaupun memiliki banyak penggemar, namun tidak sedikit pula orang yang enggan mengkonsumsi buah durian karena akan merasakan sakit kepala atau pusing setelah menyantapnya. Hal yang secara umum disebut dengan istilah ‘mabuk durian’ ini memang membuat beberapa orang menjadi trauma dan tidak menyukai buah dengan aroma dan rasa yang sangat khas tersebut. Mungkin anda salah satunya.

tips agar tidak mabuk saat makan durian

Ketua Pusat Penelitian dan Pengembangan Durian Merah Banyuwangi, Eko Mulyanto, mengatakan sebenarnya ada trik khusus yang bisa diterapkan agar anda bisa makan buah durian dengan nyaman dan tidak takut dengan efeknya, walaupun itu durian merah sekalipun. Eko mengatakan bahwa buah durian yang bisa membuat kepala menjadi pusing atau perut menjadi mual setelah menyantapnya adalah durian yang telah berusia lebih dari 6 jam dari waktu dipetik, atau juga buah durian yang jatuh sendiri dari pohonnya.



"Setelah 6 jam, enzim di dalam durian akan menghasilkan alkohol. Sehingga itu yang membuat orang makan durian mesti merasa pusing dan kepala terasa berat," ujar Eko kepada detikcom, (10/5/2014).
Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para penggemar buah durian sebelum mengkonsumsinya. Menurut Eko, sebelum makan buah durian, sebaiknya kita mengkonsumsi buah manggis terlebih dahulu. Manfaat buah manggis yang berjuluk "Queen of Fruits atau Ratu Buah" itu adalah untuk membantu menetralisir alkohol pada buah durian karena kandungan zat tertentu di dalamnya. Dua buah ini dapat saling menolong dan melengkapi, karena itu mengapa musim panen buah manggis selalu berbarengan dengan musim panen durian yang disebut sebagai "King of Fruits atau Raja Buah" ini.

"Tuhan selalu menciptakan lawan dari makanan yang diciptakan. Makan manggis 3 sampai 4 buah sebelum makan durian bisa membuat kuat makan durian. Entah sepuluh atau mungkin 40 buah durian sekaligus anda makan tidak akan mabuk," papar Eko.

Selain itu, Eko juga menambahkan jika air bilasan dari bagian dalam kulit buah durian juga mampu mengatasi mabuk durian. Bagian kulit dalam dari buah ini mengandung antidot berupa lapisan lilin yang dapat larut dengan air. Cukup minum air bilasan tersebut, maka antidot akan bekerja menetralisir alkohol yang terkandung dalam buah durian.

"Caranya gosok beberapa kali bagian dalam kulit durian dan dicampur air minum. Di sana ada antidot untuk melawan racun pada tubuh. Kemudian minum sampai habis. Itulah mengapa daging durian tidak melekat di dalamnya," pungkasnya.
Sumber : detikcom
Sebelumnya:

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
16 Maret 2015 15.55 delete

nice article gan
gambarnya yg pegang durian itu yg bikin mabuk :-D

Reply
avatar