Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Buah Durian Dan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah hal yang dapat meningkatkan resiko terkena serangan jantung dan stroke. Namun pola makan yang sehat, termasuk mengkonsumsi buah-buahan segar diketahui mampu menurunkan resiko tersebut. Berbicara mengenai buah durian dan tekanan darah tinggi, anda dapat memasukan buah ini dalam daftar buah-buahan segar yang baik untuk dikonsumsi. Hal ini karena hingga sekarang memang belum ada satupun bukti penelitian ilmiah yang menghubungkan buah durian dengan penurunan atau peningkatan tekanan darah. Jika anda masih ragu untuk mengkonsumsi buah durian, maka sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan saran terbaik.

manfaat durian untuk tekanan darah tinggi

Pengaruh Makan Durian dengan Darah Tinggi

Diet DASH
Buah durian dapat menjadi bagian dari Dietary Approaches to Stop Hypertension atau disingkat dengan DASH, yaitu pola makan yang dirancang untuk menurunkan tekanan darah tinggi berdasarkan panduan diet tahun 2010. Pola makan ini adalah dengan menambahkan 4 sampai 5 porsi buah-buahan segar setiap harinya untuk konsumsi 2000 kalori. Untuk buah durian, 1 porsinya dihitung sama dengan setengah cangkir porsi (kira-kira sekitar 125 gr).

Natrium Pada Buah Durian
Mengurangi asupan natrium diketahui dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan, dan buah durian hanya mengandung sekitar 5 mg natrium per-cangkir porsinya. Berdasarkan aturan diet tahun 2010, orang-orang yang mempunyai tekanan darah tinggi tidak diperbolehkan mengkonsumsi natrium lebih dari 1500 mg per-harinya. Untuk mengurangi asupan natrium ini, mengkonsumsi banyak buah dan sayuran adalah hal yang sangat disarankan. Selain itu, anda juga harus membatasi diri dalam memakan makanan-makanan siap saji (fast food) dan camilan-camilan asin.

Kalium Pada Buah Durian
Manfaat penting yang dapat diberikan buah durian untuk tekanan darah anda adalah bahwa buah ini tinggi akan kandungan kalium. Seperti yang telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, buah ini mengandung sekitar 1059 mg kalium per-cangkir porsinya. Makanan yang tinggi kalium diketahui sangat bermanfaat untuk menyehatkan tekanan darah. Dan orang dewasa disarankan untuk mendapatkan setidaknya sekitar 4700 mg kalium per-harinya. Sumber-sumber alami untuk mineral ini antara lain adalah buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan ikan.

Informasi Tambahan
Satu cangkir porsi buah durian mengandung sekitar 48 mg vitamin C, atau setara dengan 80% dari asupan harian yang disarankan. Beberapa penelitian mengatakan bahwa vitamin C dapat membantu menurunkan tekanan darah, namun vitamin C tidaklah berdiri sendirian. Bagaimanapun, buah-buahan hanya sebagian kecil dari pola diet seimbang anda. Makanan-makanan lain yang tinggi akan kalsium dan magnesium juga diketahui sangat bermanfaat untuk menjaga tekanan darah anda tetap sehat.

Berikutnya baca:

Sebelumnya:
Kandungan Nutrisi Dalam Buah Durian


Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
21 Agustus 2013 11.39 delete

thx brow, bermanfaat artikelnya. next

Reply
avatar