Manfaat Jambu Biji Merah: Yang Sesungguhnya

Kali ini saya ingin membahas mengenai manfaat jambu biji merah, namun bukan yang biasa anda ketahui selama ini, melainkan jambu biji merah yang sebenarnya. Mungkin varietas dari jambu biji ini kurang begitu dikenal di Indonesia.

Jambu biji yang seringkali juga disebut dengan nama "jambu biji strobery" ini adalah buah yang kaya akan serat dan relatif rendah kalori. Rasanya yang manis dengan sedikit sentuhan rasa asam membuat buah ini seringkali diolah menjadi selai. Dan seperti semua varietas jambu biji yang lain, tentu saja jambu biji ini juga menyehatkan karena kaya akan kandungan vitamin dan mineral penting.

Mari kita bahas lebih lanjut mengenai khasiat jambu biji merah jika dilihat dari kandungan nutrisinya.

manfaat jambu biji merah yang sebenarnya

Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan

Kalori dan Serat Dalam Jambu Biji Merah

Bagi orang yang ingin menurunkan berat badan, mengkonsumsi jambu biji ini dapat memberikan keuntungan karena kandungan kalorinya yang rendah. Dalam 100 gr jambu biji merah hanya terkandung sekitar 69 kalori, atau tidak sampai 4% dari asupan kalori harian yang disarankan untuk orang dewasa. Jika dibandingkan dengan buah-buahan yang lain, buah ini termasuk salah satu yang mempunyai kandungan kalori terendah dalam setiap 100 gr porsinya.

Sedangkan untuk serat pangan, buah jambu biji merah adalah salah satu sumber yang baik. Dalam setiap 100 gr buah ini terdapat setidaknya sekitar 5,5 gr serat. Seperti anda ketahui, serat sangat penting bagi kesehatan secara umum karena membantu sistem pencernaan, menjaga tingkat gula darah tetap stabil, dan meningkatkan rasa kenyang. Inilah alasan mengapa buah ini sangat baik untuk mengontrol berat badan. Jadi bisa dikatakan manfaat jambu biji untuk diet bukanlah sekedar mitos.




Lemak Jenuh Jambu Biji Merah

Jambu biji merah mengandung lemak jenuh yang sedikit sekali, yaitu hanya sekitar 0,2 gr dalam setiap 100 gr porsinya. Lemak jenuh memang tidak sehat karena dapat meningkatkan kolesterol jahat, yang pada akhirnya akan meningkatkan resiko penyakit jantung. Mengganti camilan anda yang tinggi lemak jenuh dengan buah ini dapat membantu mengurangi resiko anda terkena penyakit kardiovaskular.

Vitamin dan Mineral Jambu Biji Merah

Buah ini dapat sangat bermanfaat karena kaya akan kandungan vitamin A. Seperti yang telah sering dijelaskan sebelumnya, vitamin A penting untuk membantu meningkatkan dan memelihara kesehatan mata, tulang, gigi, dan kulit. Selain itu, vitamin A juga merupakan antioksidan yang membantu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan vitamin lain yang juga cukup tinggi dalam buah jambu biji merah adalah vitamin C, yaitu antioksidan yang penting bagi jaringan tubuh dan kulit.

Sedangkan untuk mineral, jambu biji ini merupakan sumber kalium yang berlimpah. Kalium adalah mineral vital yang menjaga kontraksi otot dan fungsi kardiovaskular yang tepat. Jika anda ingin menambahkan asupan kalium dalam menu makan anda, maka buah ini dapat dijadikan salah satu pilihan utama. Satu porsi jambu biji merah dapat memenuhi sekitar 20% dari asupan kalium harian yang disarankan. Jumlah ini sama jika dibandingkan dengan buah pisang.

Itulah tadi segala manfaat dari jambu biji merah jika dikaitkan dengan kandungan nutrisi / gizi yang terdapat di dalamnya. Semoga artikel diatas cukup bermanfaat!

Berikutnya baca:
Yang sebelumnya:

Di-Update pada 22 Februari 2015

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »