Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Kandungan Kalori Kurma Dan Manfaatnya

Peradaban kuno sudah membudidayakan buah yang berasal dari pohon sejenis palem ini sejak 5000 tahun SM, dan hingga saat ini kurma tetap menjadi makanan pembangkit tenaga yang sangat bergizi. Buah dengan rasa manis yang khas ini merupakan sumber dari kalium dan serat yang cukup berlimpah. Kurma juga bebas dari kandungan lemak dan sodium, namun buah kurma mengandung kalori dalam jumlah cukup, karena itu anda perlu bijaksana dalam mengkonsumsinya. Seperti apa kandungan kalori kurma dan manfaatnya bagi tubuh kita?

kandungan kalori dalam kurma dan manfaatnya

Kalori Dalam Buah Kurma

Hingga saat ini setidaknya terdapat lebih dari 100 varietas kurma yang dibudidayakan di seluruh dunia. Walaupun aslinya berasal dari daerah Timur Tengah, namun buah kurma juga dibudidayakan oleh negara-negara lain yang mempunyai iklim gurun seperti di Afrika, Amerika, dan Australia. Dan karena ada banyak varietas kurma dengan ukuran dan rasa manis yang berbeda-beda, maka kandungan kalori dalam masing-masing varietas kurma tersebut juga berbeda. Namun secara umum semua buah kurma mengandung kalori yang cukup tinggi.

Semakin manis rasanya maka semakin tinggi pula kandungan kalorinya. Sebagai contoh adalah jenis kurma Medjol yang mempunyai ukuran agak besar. Satu biji buah kurma Medjol diketahui dapat mengandung hingga 24 kalori. Dan ukurannya yang kecil serta rasa manisnya seringkali membuat orang tidak sadar sudah mengkonsumsinya secara berlebihan. Mengkonsumsi 1 1/2 ons kurma mungkin memang tidak cukup mengenyangkan, namun itu sudah memasok sekitar 140 kalori ke tubuh anda.

Kandungan Vitamin dan Mineral

Ada banyak vitamin yang terdapat dalam buah ini. Beberapa diantaranya adalah vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), niasin, dan vitamin C. Sedangkan untuk mineral, setidaknya tersimpan 15 mineral penting dalam buah kurma. Mineral-mineral tersebut antara lain adalah kalium, kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, mangan , fosfor, dan seng. Selain itu, kurma juga mengandung flourine dasar yang dapat membantu mencegah pembusukan pada gigi. Tidak heran jika banyak ahli nutrisi yang menjuluki buah kurma sebagai "makanan yang hampir ideal".

Kandungan Antioksidan dan Manfaat Lain Kurma

Secara umum semua antioksidan yang terdapat dalam buah kurma berfungsi untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Tiga kandungan antioksidan utama dalam buah ini adalah betakaroten, lutein, dan zeaxanthin. Selain itu, buah kurma juga mengandung antioksidan lain seperti polifenol yang cukup tinggi. Disamping antioksidan, buah kurma juga mengandung zat tanin yang berfungsi untuk mengatasi peradangan dan infeksi. Jadi, dengan mengetahui semua fakta ini, tidak salah kalau kurma dikatakan sebagai makanan super oleh para ahli.

Berikutnya baca:

Sebelumnya:
Mengapa Buah Kurma Baik Untuk Buka Puasa?


Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »