Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Kurma: Salah Satu Makanan Super

Kurma memang sangat dekat dengan kebudayaan Islam, hal ini karena kebiasaan dari Nabi Besar umat Muslim tersebut yang sangat menyukai buah ini dan menyarankannya untuk berbuka puasa. Habitat asli dari buah yang saat ini juga dibudidayakan di sebagian wilayah Amerika dan Australia adalah dari sekitar bantaran sungai Efrat dan Nil. Buah kurma sangat kaya akan serat, vitamin dan mineral. Dibandingkan semua buah-buahan kering lainnya, kurma termasuk dalam buah yang mengandung senyawa antioksidan tertinggi yang dapat melindungi sel dari kerusakan. Ini adalah salah satu dari sekian banyak alasan mengapa kurma termasuk makanan super. Selain dalam keadaan kering, kurma segar juga akan memberikan manfaat yang sama untuk anda.

alasan kurma termasuk kelompok makanan super

Keistimewaan Buah Kurma

Kandungan Energi dan Serat Buah Kurma

Rasa kurma yang manis mengindikasikan jika buah ini tinggi kandungan gula yang merupakan sumber kalori. Buah kurma juga diketahui menyimpan sejumlah protein dan lemak, namun jika dibandingkan dengan buah-buahan kering lainnya, kandungan protein dan lemak pada kurma masih lebih rendah. Mengkonsumsi kurma tidak perlu berlebihan, karena buah ini sangat tinggi akan kandungan energi yang terkonsentrasi. 3 - 5 biji (seperti yang dicontohkan Nabi) sudah cukup untuk sekali konsumsi.

Kurma adalah buah yang tinggi kandungan serat. Sebagian karbohidrat yang tersimpan dalam buah ini juga terdiri dari serat pangan. 3 biji kurma ukuran sedang sudah dapat memenuhi sekitar 12% dari kebutuhan asupan serat harian anda. Seperti diketahui, serat sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah makan berlebih. Selain itu, serat juga berfungsi untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah dan sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Vitamin, Mineral, dan Antioksidan Dalam Kurma

Berdasarkan data yang dikeluarkan Food and Nutrition Research Institute, buah kurma mengandung setidaknya 10 mineral penting. Diantara mineral-mineral yang terdapat dalam kurma, yang paling menonjol adalah tembaga, kalium, selenium, dan magnesium. Dan karena kurma tinggi akan kandungan kalium serta rendah natrium, buah ini sangat baik mereka yang mempunyai gangguan hipertensi.

Beberapa vitamin yang ditemukan dalam buah kurma antara lain adalah vitamin C dan vitamin B6. Walaupun jumlahnya lebih rendah jika dibandingkan dengan buah-buahan kering lainnya, namun vitamin dalam buah kurma masih termasuk dalam kategori wajar dan cukup baik.

Biasanya kandungan antioksidan yang tersimpan dalam buah akan berkurang jika mengalami proses pengeringan. Namun walaupun begitu, buah kurma masih tetap menjadi sumber antioksidan yang sangat baik jika dibandingkan dengan buah kering lainnya. Beberapa penelitian telah membuktikan efektifitas antioksidan yang terdapat dalam kurma dalam mengatasi aktifitas radikal bebas yang merusak jaringan sel. Bahkan menurut sebuah laporan, kurma adalah buah yang menduduki peringkat ke 2 untuk buah dengan kandungan antioksidan tertinggi yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Cina.
Berikutnya baca:
Yang sebelumnya:


Di-Update pada 21 Februari 2015

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »