Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Apakah Kurma Membuat Gemuk?

Berat badan manusia sangat ditentukan oleh jumlah kalori dalam makanan yang masuk ke tubuh. Walaupun kalori sangat dibutuhkan sebagai bahan bakar utama bagi tubuh, namun jika kalori yang masuk tersebut berlebihan, maka sisanya akan dirubah menjadi lemak.

Semua dari tiga jenis kalori utama, yaitu protein, lemak, dan karbohidrat yang masuk ke tubuh, sama-sama mempunyai tingkat yang seimbang untuk dirubah menjadi lemak yang menumpuk di tubuh.

Dan seperti yang telah dijelaskan pada artikel-artikel sebelumnya, walaupun sangat rendah akan kandungan lemak, buah kurma sangat padat kandungan kalori jika dibandingkan dengan buah yang lainnya. Namun disisi lain, buah kurma juga merupakan sumber serat yang baik. Lalu apakah kurma bisa membuat gemuk?

apakah buah kurma membuat gemuk

Kalori Yang Anda Butuhkan

Kebutuhan tubuh manusia akan energi atau dengan kata lain jumlah kalori yang harus dikonsumsi untuk menjaga berat badan sangat tergantung dari banyak faktor. Beberapa diantaranya adalah usia, jenis kelamin, tingkat aktifitas, hingga faktor genetik.

Secara umum, orang dewasa membutuhkan 13,5 kalori untuk setiap 0,45 kg bobot tubuhnya setiap hari untuk memenuhi kebutuhan energinya. Namun jika anda cukup aktif, maka anda membutuhkan sekitar 16 kalori untuk setiap 0,45 kg bobot tubuh anda.

Dan kebutuhan tersebut dapat meningkat hingga 18 kalori / 0,45 kg bobot tubuh setiap harinya jika anda termasuk orang yang sangat aktif secara fisik.




Kalori Dalam Kurma Jika Dibandingkan Buah dan Makanan Lain

Satu buah kurma ukuran besar (kira-kira bobot 24 gr) dapat mengandung sekitar 65 kalori. Jika dibandingkan dengan buah-buahan yang lain, maka kurma merupakan buah yang sangat padat akan kalori.

Sebagai perbandingan, kalori dalam 1 buah kurma dengan bobot 24 gr adalah sama banyaknya dengan 1 buah apel yang mempunyai bobot 125 gr. Hal ini bisa dimungkinkan salah satunya karena buah kurma mengandung kadar air yang jauh lebih sedikit.

Namun jika dibandingkan dengan makanan lain yang tinggi kandungan lemak seperti kacang-kacangan dan minyak, maka buah kurma mengandung kalori yang lebih sedikit. Hal ini karena buah kurma dapat dikatakan bebas lemak, dan lemak adalah bentuk dari kalori yang terkonsentrasi.

Sebagai perbandingan, 100 gr campuran kacang-kacangan dapat mengandung hingga 650 kalori, atau 2,5 kali lebih banyak dari kandungan kalori dalam kurma untuk bobot yang sama.

Kandungan Nutrisi

Walaupun mempunyai kandungan kalori yang jauh lebih tinggi dibandingkan buah-buahan yang lain, namun buah kurma juga diketahui merupakan sumber dari sejumlah nutrisi berharga yang sangat dibutuhkan tubuh.

Buah kurma dilengkapi dengan aneka macam vitamin dan mineral yang dapat dikatakan hampir lengkap. Selain itu, buah super ini juga tinggi akan kandungan serat, yaitu nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan organ pencernaan dan program penurunan berat badan. Jadi kesimpulannya, anda tidak perlu takut gemuk jika mengkonsumsi buah ini.

Berikutnya baca:

Sebelumnya:
Kandungan Kalori Dalam Buah Kurma

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »