[Khusus Wanita] Rahasia "Jalan Pintas" untuk Mudah Mendapatkan Jodoh dan Memikat Pria Idaman

Selengkapnya >> Klik DISINI

Khasiat Buah Apel: Untuk Pengobatan Kanker

Pada artikel ini blog Manfaat Buah akan membahas tentang khasiat buah apel, khususnya mengenai kegunaan buah ini dalam pengobatan alternatif untuk penyakit kanker. Penelitian terbaru menyatakan bahwa memakan satu buah apel sehari ditambah dengan pola diet sayuran / pola makan vegetarian adalah sebuah cara yang sangat efektif untuk mencegah kanker. Dan ini berlaku untuk semua jenis apel, termasuk apel Ana (apel malang) yang merupakan jenis apel unggulan dari Indonesia. Penelitian-penelitian itu dilakukan atas dasar data kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang terdapat dalam buah apel, terlebih karena kandungan berbagai senyawa antioksidan yang terdapat di dalamnya. Beberapa hasil penelitian mengenai khasiat apel untuk pengobatan kanker juga memberikan kejutan yang menyenangkan bagi para peneliti.

khasiat apel untuk penyakit kanker

Beberapa Penelitian Khasiat Buah Apel Terhadap Kanker

Apel Untuk Mengobati Kanker Usus

Penelitian tentang ini belum dilakukan pada pasien manusia, namun baru menggunakan tikus laboratorium. Tikus diberikan zat pemicu kanker usus besar. Setelah itu, beberapa tikus diberi asupan jus apel selama enam minggu. Hasilnya? Tikus-tikus yang mendapatkan jus apel terbukti mengalami tingkat penurunan sel kanker hingga 43%. Berdasarkan hasil itu, para peneliti mengambil kesimpulan jika mengkonsumsi apel secara rutin dapat membantu dalam penyembuhan kanker usus untuk manusia. Hal ini dipercaya karena kandungan senyawa antioksidan yang disebut procyanidin, yang mampu membunuh sel-sel kanker.

Apel Untuk Mengobati Kanker Hati

Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli, dimana mereka menemukan senyawa procyanidin dalam buah apel. Procyanidin adalah antioksidan yang sangat kuat dan bekerja untuk memicu serangkaian sinyal pada sel-sel yang mengakibatkan kematian pada sel kanker. Dalam penelitian yang dilakukan, tikus yang diberikan diet apel selama 6 minggu hanya memiliki setengah dari jumlah lesi pra-kanker hati yang dimiliki oleh tikus yang diberikan makanan biasa tanpa tambahan sari apel.

Apel Untuk Mengobati Kanker Paru-Paru

Hal ini berdasarkan penelitian yang melibatkan 10.000 orang sukarelawan. Para sukarelawan tersebut diminta untuk mengkonsumsi buah apel secara rutin dalam jumlah yang berbeda. Hasil yang didapat cukup mengejutkan. Para sukarelawan yang mengkonsumsi apel maupun jus apel dengan jumlah lebih banyak didapati mempunyai kemungkinan 50% lebih rendah untuk terkena kanker paru-paru.

Sampai saat ini para ahli masih melakukan penelitian lanjutan mengenai khasiat buah apel untuk pencegahan dan pengobatan alternatif kanker. Apakah senyawa flavonoid dan quercetin termasuk yang berperan di dalamnya.

Berikutnya baca:

Di-Update pada 23 Februari 2015

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »