Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Kandungan Buah Delima Dan Manfaatnya

Delima. Buah yang sudah ada dalam dunia mitos sejak ribuan tahun ini memang selalu menarik untuk dibicarakan. Memang tidak banyak orang yang menyukai untuk mengkonsumsi buah ini secara langsung. Bukan karena rasanya, tapi karena kandungan bijinya yang sangat banyak dan cukup besar.

Namun walaupun begitu, kandungan buah delima serta manfaatnya untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan sudah dipercaya sejak ribuan tahun. Buah yang tumbuh merata di kawasan Asia, Mediterania, dan sebagian Amerika ini memang diketahui menyimpan segudang kandungan nutrisi yang sangat luar biasa.

kandungan buah delima dan manfaatnya

Berbagai Kandungan Nutrisi Buah Delima

Kalori, Lemak, dan Karbohidrat Buah Delima

Satu buah delima ukuran sedang dengan diameter 10 cm diketahui mengandung kalori sekitar 234 kalori, dimana hanya 28 kalori saja yang berasal dari lemak. Secara total lemak yang terkandung hanya sekitar 3 gr. Berdasarkan hal ini, dapat disimpulkan jika buah delima termasuk buah yang sangat rendah lemak.

Untuk kandungan karbohidrat, satu buah delima ukuran sedang diketahui mengandung sekitar 53 gr karbohidrat. Sebagian besar karbohidrat ini berasal dari kandungan gula dalam buah, yaitu sekitar 39 gr. Namun walaupun begitu, gula yang terdapat dalam delima bukanlah termasuk gula tambahan.

Selain itu, satu buah delima ukuran sedang juga diketahui mengandung serat sebesar 11 gr, atau setara dengan 45% dari kebutuhan serat harian bagi tubuh. Fungsi serat yang terdapat dalam buah ini terutama sangat bermanfaat untuk mengeluarkan racun akibat proses pencernaan dan mencegah sembelit.




Vitamin C, Vitamin K, dan Nutrisi Lainnya

Vitamin C atau biasa disebut juga sebagai asam askorbat adalah vitamin yang larut dalam air. Buah delima ukuran sedang mengandung sekitar 29 mg vitamin C, atau setara dengan 48% dari asupan harian yang disarankan.

Kehadiran vitamin C sangat diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan, terutama ketika anda sedang sakit. Selain itu, vitamin ini juga termasuk antioksidan. Dengan kata lain, vitamin ini sangat bermanfaat dalam melawan kehadiran radikal bebas yang merusak sel dan menyebabkan penyakit.

Untuk vitamin K, buah delima ukuran sedang diketahui mengandung sekitar 46 mcg vitamin ini, atau setara dengan 58% dari asupan harian tubuh yang disarankan. Manfaat vitamin ini terutama adalah untuk membantu pembekuan darah. Tanpa vitamin K, darah yang keluar akibat luka akan sulit sekali untuk membeku. Selain itu, vitamin ini juga diketahui bermanfaat untuk menjaga kekuatan tulang.

Masih belum cukup, buah delima juga diketahui mengandung sejumlah nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebuah delima ukuran sedang mengandung sekitar 5gr protein dan merupakan sumber thiamin yang sangat baik.

Selain itu, buah ini juga mencukupi sekitar 5% akan kebutuhan zat besi harian, 3% akan kebutuhan kalsium harian, dan 27% akan kebutuhan folat harian. Berdasarkan semua data tadi, jelas manfaat buah delima untuk kesehatan tidak dapat dianggap remeh.

Berikutnya baca:

Sebelumnya:
Delima Untuk Kesehatan dan Perawatan Kulit

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »