[Khusus Wanita] Rahasia "Jalan Pintas" untuk Mudah Mendapatkan Jodoh dan Memikat Pria Idaman

Selengkapnya >> Klik DISINI

Manfaat Buah Delima: Resep Kesehatan Kuno

Semua orang tentu tahu dengan buah delima - buah yang dalam mitologi kristen dianggap sebagai buah yang tumbuh di taman Eden (surga). Namun begitu, belum banyak orang yang mengetahui manfaat buah delima, baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Entah karena mengandung terlalu banyak biji atau apa, yang jelas buah ini tidak terlalu komersil untuk menjadi buah meja yang dimakan langsung. Buah ini juga jarang terlihat dijajakan di pasar-pasar ataupun supermarket. Mungkin hanya olahannya saja yang sering dikonsumsi masyarakat.

Sebenarnya buah ini sudah puluhan (bahkan ratusan) tahun digunakan oleh ahli-ahli pengobatan tradisional. Banyak sekali kandungan bermanfaat yang terdapat di dalamnya.

manfaat buah delima untuk kesehatan secara umum

Manfaat Kandungan Buah Delima

Antioksidan Dalam Buah Delima

Berdasarkan hasil penelitian di laboratorium, buah delima diketahui sangat tinggi akan kandungan vitamin C dan polifenol. Kedua zat ini bertindak sebagai antioksidan kuat yang melawan efek berbahaya dari radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas adalah senyawa berbahaya yang terbentuk akibat paparan polusi seperti asap rokok, asap-asap lain, dan hasil sampingan dari proses pencernaan. Keberadaan radikal bebas dalam tubuh adalah penyebab kerusakan membran sel dan struktur DNA.

Berdasarkan data kandungan antioksidannya yang tinggi ini, minum jus delima secara rutin dipercaya berkhasiat untuk mencegah penyakit kanker.





Serat Dalam Buah Delima

Secara alami buah delima sangat tinggi akan kandungan serat pangan. Satu buah delima diketahui mengandung sekitar 5 gr serat jika dikonsumsi beserta bijinya. Keberadaan serat mempunyai peran yang sangat penting dalam proses pencernaan dan bermanfaat untuk mengatasi masalah sembelit.

Selain itu, serat juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol, menjaga kadar gula darah tetap stabil, dan membantu dalam program penurunan berat badan. Makanan yang tinggi serat akan membuat anda merasa kenyang lebih cepat dan lebih lama, sehingga anda terhindar dari makan berlebih.

Manfaat Delima Untuk Kesehatan Jantung

Walaupun data penelitian masih belum terlalu banyak, namun dapat disimpulkan jika buah delima berkhasiat untuk kesehatan jantung.

Kombinasi antioksidan tinggi yang ada dalam buah ini sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan mencegah terjadinya penumpukan plak pada dinding pembuluh arteri. Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan di University of Maryland Medical Center menemukan jika senyawa yang terdapat dalam buah delima dapat meningkatkan aliran darah.

Khasiat buah delima untuk kesehatan jantung ini sudah dipercaya sejak lama oleh ahli-ahli pengobatan tradisional jauh sebelum penelitian-penelitian ilmiah dilakukan.

Berikutnya baca:

Di-Update pada 21 Februari 2015

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

2 komentar

Write komentar
27 Mei 2013 13.14 delete

terima kasihh banyak atas informasinya . . .!!!! salam kenal dan sukses selalu untuk ngblognya !!!

Reply
avatar
26 Juli 2013 15.46 delete

Wow menarik sekali gan makasih atas infromasi yang sudah disampaikan salam kenal aja ! ^___-

Reply
avatar