Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Manfaat Air Kelapa: Minuman Kesehatan Alami

Rasa manis yang khas dan segar dari air kelapa memang sangat cocok untuk menghilangkan dahaga, apalagi saat tengah hari yang panas. Namun perlu diperhatikan, tidak semua air kelapa memiliki khasiat. Manfaat air kelapa hanya dapat diperoleh dari buah kelapa yang masih muda (sekitar umur 5 - 7 bulan), khususnya air kelapa hijau yang mempunyai kandungan tanin yang cukup tinggi. Dan tidak berbeda dengan khasiat dari buahnya yang diketahui sangat banyak, air kelapa yang sudah menjadi salah satu minuman favorit banyak orang di dunia ini juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

manfaat air kelapa untuk kesehatan

Kandungan Air Kelapa Muda

Air kelapa muda mempunyai rasa dan kandungan nutrisi terbaik. Usia panen buah kelapa untuk mendapatkan kandungan nutrisi terbaik adalah antara umur 5 - 7 bulan. Jika dibawah 5 bulan, rasa air kelapa cenderung masih sepat dan tanpa nutrisi. Sedangkan jika sudah tua, kandungan air sedikit dan rasanya menjadi hambar. Karena itu, jika punya pohon sendiri dan ingin memanen, pastikan umur buah kelapa sudah sesuai untuk dipanen.

Air kelapa muda mempunyai kandungan nutrisi yang cukup hebat meliputi gula sederhana, vitamin, mineral, elektrolit, enzim-enzim, asam amino, sitokin, dan phyto-hormon. Vitamin yang terkandung dalam air kelapa muda adalah vitamin C dan B kompleks (niacin, thiamin, riboflavin, piridoksin, dan folat). Sedangkan mineral penting yang terdapat dalam air kelapa muda antara lain zat besi, kalsium, kalium, dan fosfor.

Berbagai Manfaat Air Kelapa Muda

  • Anti Racun
Kandungan enzim bioaktif, khususnya tanin adalah zat anti racun yang hebat. Air kelapa hijau sangat terkenal untuk mengatasi masalah keracunan karena kemampuannya untuk menguraikan dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
  • Menjaga Kesehatan Pencernaan
Selain mengeluarkan racun, air kelapa muda juga mencegah peradangan dan menetralisir keasaman pada lambung. Asam laurat pada air kelapa muda sangat baik untuk menjaga kesehatan organ pencernaan.
  • Mengganti Cairan Tubuh
Air kelapa muda adalah sumber elektronit yang sangat tinggi. Karena itu, meminum air kelapa muda dapat dengan cepat mengembalikan elektrolit tubuh yang hilang, baik karena olahraga berat maupun karena terserang diare.
  • Mengatasi Infeksi Saluran Kemih
Air kelapa muda dapat membantu untuk membersihkan saluran kemih dan melindunginya dari infeksi atau peradangan.
  • Mengatur Tekanan Darah
Kandungan kalium dalam air kelapa muda sangat baik untuk menstabilkan tekanan darah dan menyehatkan jantung.
  • Mengatasi Cacingan
Minum air kelapa muda sebanyak 3 gelas sehari yang ditambah 1 sdt minyak zaitun dipercaya sangat ampuh untuk mengatasi masalah cacingan. Lakukan ini secara berturut-turut selama beberapa hari.

Berikutnya baca:

Sebelumya:
Manfaat Buah Kelapa

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »